PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL
TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET DI
SDN SIDOTOPO WETAN 1 SURABAYA
Media audiovisual merupakan alat bantu dalam hal menyampaikan
informasi atau pesan kepada peserta didik melalui indera
pengelihatan dan juga indera pendengaran. Diharapkan dengan
adanya media audiovisual ini proses penyampaian materi
pembelajaran lebih mudah diterima oleh peserta didik sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih maksimal, khususnya
pada materi dribble pada permainan bola basket. Pada penelitian
ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual
terhadap hasil belajar dribble bola basket di SDN Sidotopo Wetan 1
Surabaya. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu
pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan desain one grup
pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta
didik kelas V di SDN Sidotopo Wetan 1 Surabaya dengan jumlah
192. Pemilihan sampel menggunakan Teknik random sampling
dengan cara pengundian, hasil dari pengundian sampel yaitu
kelas VF. Pengambilan data menggunakan standar dua bagian yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan melalui pre-test
post-test. Setelah pengolahan data terdapat informasi perolehan
nilai rata-rata pre-test pengetahuan 35,7 sedangkan nilai post-test
meningkat menjadi 66,7 dan untuk keterampilan pre-test
mendapatkan hasil 35,83 untuk post-test meningkat menjadi 64,73.
Pada penelitian ini uji beda menggunakan uji Wilcoxon dengan
nilai signifikan sebesar 0,00 jika signifikan < 0,05 maka data
dikatakan berpengaruh signifikan jika data signifikan > 0,05 maka
dinyatakan tidak berpengaruh signifikan. Persentase peningkatan
untuk pengetahuan sebesar 86,83% sedangkan peningkatan
keterampilan sebesar 80,65% dapat disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan yang signifikan penggunaan media audiovisual dalam
pembelajaran materi dribble bola basket siswa kelas V F SDN
Sidotopo Wetan 1 Surabaya.
Kata Kunci : Audiovisual, Hasil Belajar, Dribble Bola Basket
Audiovisual media are tools that assist in conveying information or
messages to students through the senses of sight and hearing. It is hoped
that with the presence of audiovisual media, the process of delivering
learning material becomes easier for students to understand, thereby
enhancing learning outcomes, particularly in the topic of dribbling in
basketball. This research aims to determine the effect of audiovisual media
on the learning outcomes of basketball dribbling at SDN Sidotopo Wetan
1 Surabaya. The study employs a quasi-experimental design with a
quantitative approach, using a one-group pre-test post-test design. The
population of this study consists of fifth-grade students at SDN Sidotopo
Wetan 1 Surabaya, totaling 192 students. Sample selection was
conducted using random sampling techniques through a lottery,
resulting in class VF. Data collection was carried out using two
standardized sections: knowledge and skill aspects, through pre-tests and
post-tests. After data processing, the average pre-test score for knowledge
was 35.7, while the post-test score increased to 66.7. For skills, the pre-
test score was 35.83, and the post-test score increased to 64.73. In this
study, the difference test used the Wilcoxon test with a significant value of 0.00. If significant < 0.05, the data are considered to have a significant
effect; if significant > 0.05, it is stated that there is no significant effect.
The percentage increase for knowledge was 86.83%, while the skill
increase was 80.65%. It can be concluded that there is a significant
improvement in the use of audiovisual media in teaching the basketball
dribbling material to fifth-grade students of class VF at SDN Sidotopo
Wetan 1 Surabaya.
Keywords: Audiovisual, Learning Outcomes, Basketball
Dribbling