Dampak Keberadaan Minimarket Terhadap Eksistensi Toko Kelontong Di Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto
The Impact of Minimarkets on the Existence of Grocery Stores in Gedeg District, Mojokerto Regency
Minimarket di Kecamatan Gedeg sejumlah delapan minimarket. Di sekitar minimarket tersebut terdapat dua belas toko kelontong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) dampak keberadaan minimarket terhadap eksistensi toko kelontong 2) strategi yang dilakukan oleh pedagang untuk mampu bersaing dengan minimarket.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian sensus dengan mengambil sampel seluruh minimarket dan toko kelontong yang berada dalam radius 300 meter dari minimarket. Data yang dikumpulkan dengan wawancara berupa dampak keberadaan minimarket terhadap eksistensi toko kelontong dan strategi yang dilakukan oleh pedagang toko kelontong agar mampu bersaing dengan minimarket yang ada di sekitarnya. Teknik analisis untuk mengetahui keberadaan minimarket teknik buffering. Analisis data untuk strategi pedagang menggunakan deskriptif kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keberadaan minimarket mempengaruhi penghasilan usaha toko kelontong dengan rata-rata penurunan sebesar 55%. Keberadaan minimarket mempengaruhi kehidupan masyarakat dimana masyarakat lebih memilih berbelanja di minimarket dengan alasan lebih praktis dan lengkap serta akses menuju minimarket dapat dijangkau dengan mudah. 2) Strategi yang dilakukan oleh pedagang adalah membuat produk bervariatif, adanya pengurangan harga, dan promosi dengan cara boleh membayar mundur
Kata Kunci: eksistensi, minimarket, toko kelontong
There are eight minimarkets in Gedeg District. Around the minimarket there are twelve grocery stores. The purpose of this study was to determine 1) the impact of the existence of a minimarket on the existence of a grocery store 2) the strategies undertaken by traders to be able to compete with minimarkets.
This type of research is census research by taking samples of all minimarkets and grocery stores that are within a radius of 300 meters from the minimarket. The data collected by interview is in the form of the impact of the existence of a minimarket on the existence of a grocery store and the strategies undertaken by the grocery store traders in order to be able to compete with the minimarkets in the vicinity. The analysis technique is to determine the existence of a buffering technique minimarket. Data analysis for trader strategies used qualitative descriptive
The results showed that 1) The existence of a minimarket affects the income of the grocery store business with an average decrease of 55%. The existence of minimarkets affects people's lives where people prefer to shop at minimarkets for reasons that are more practical and complete and that access to minimarkets can be reached easily. 2) The strategy carried out by traders is making varied products, reducing prices, and promoting backwards payments
Keywords: existence, minimarket, grocery store