SEMIOTIC ANALYSIS OF COFFEE LOGO DESIGN IN SOUTH SURABAYA
Minuman kopi kini menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Sehingga terdapat banyak sekali kedai kopi di berbagai sudut kota, khususnya Surabaya Selatan. Dengan begitu dibutuhkannya logo pada minuman kopi agar konsumen mudah mengenali dan tertarik untuk membelinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur desain visual, makna pada logo, serta mendeskripsikan bagaimana penerapan logo pada kedai kopi di Surabaya Selatan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian diperoleh dari sumber primer yaitu logo minuman kopi yang berada di Surabaya dan data sekunder diperoleh dari buku refrensi terkait penelitian. Dengan menggunakan pendekatan teori semiotika berdasarkan makna desain logo dari Roland Barthes. Analisis pada penelitian ini melalui 3 tahap. Yang pertama tahap reduksi data yaitu pemilihan logo kedai kopi di Surabaya. Selanjutnya tahap penyajian data yang bersifat deskriptif. Yang terakhir yakni pengambilan kesimpulan dari penelitian.
Kata kunci: Semiotik, desain logo, kedai kopi, gaya hidup
Coffee drinks have now become the lifestyle of Indonesian people. So there are lots of coffee shops in various corners of the city, especially South Surabaya. That way they need a logo on coffee drinks so that consumers can easily recognize and are interested in buying it. This study aims to describe the visual design structure, the meaning of the logo, and describe how the application of the logo on a coffee shop in South Surabaya. In this study using descriptive qualitative research methods. The research data were obtained from primary sources, namely the coffee beverage logo in Surabaya and secondary data obtained from reference books related to the study. By using a semiotic theory approach based on the meaning of the logo design of Roland Barthes. The analysis in this study went through 3 stages. The first stage of data reduction is the selection of the coffee shop logo in Surabaya. The next step is the presentation of descriptive data. The last is the conclusion from the research.
Keywords: Semiotic, logo design, coffee shop, lifestyle