EFEKTIFITAS PELAKSANAAN SISTEM BLOK PADA PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DI SMK
Sistem blok merupakan suatu sistem pembelajaran yang mengatur atau mengelompokkan jam pembelajaran menjadi lebih panjang dari biasanya yang bertujuan agar siswa dapat belajar lebih maksimal. Di sekolah menengah kejuruan (SMK), sistem blok dapat diimplementasikan melalui pembelajaran teaching factory sebagai upaya meningkatkan efektifitas pembelajaran. Teaching Factory merupakan suatu pembelajaran yang berorientasi pada produksi yang disesuaikan dengan kompetensi keahlian dibidangnya. Tujuan dari penelitian ini untuk: 1). Mengetahui implementasi pelaksanaan sistem blok di SMK; 2). Mengetahui efektifitas pelaksanaan sistem blok ditinjau dari segi pembelajaran, pendidik, peserta didik, dan peralatan praktikum; 3). Mengetahui efektifitas pelaksanaan sistem blok pada pembelajaran teaching factory. Penelitian ini merupakan literature review dengan cara mencari referensi teori yang relevan dengan permasalahan atau kasus yang ditemukan dan memaparkan beberapa penelitian yang mengkaji tentang efektifitas pelaksanaan sistem blok. Hasil penelitian literature review menunjukkan: 1). Implementasi pelaksanaan sistem blok di SMK telah berhasil dengan hasil rata-rata keseluruhan 65,90; 2). Efektifitas pelaksanaan sistem blok ditinjau dari segi pembelajaran, pendidik, peserta didik, dan peralatan praktikum menunjukkan kategori tinggi dengan hasil rata-rata keseluruhan 60 yang berarti sangat efektif diterapkan di sekolah menengah kejuruan sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran; 3). Terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai kompetensi siswa yang menggunakan sistem blok dan siswa yang menggunakan sistem non blok yaitu sebesar 84.171 pada pembelajaran teaching factory.
Kata Kunci: efektifitas, sistem blok, teaching factory.
Keywords: effectiveness, block system, teaching factory