The Effect of E-Learning Readiness on Students' Learning Result During the Covid-19 Pandemic in Economics Subjects in Senior High School
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar peserta didik selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 sale yang berada di kapubaten Rembang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi yang diperoleh dari uji statistik sebesar 0,064. Nilai tersebut menunjukkan adanya sumbangsih antara kesiapan pembelajaran jarak jauh dengan hasil belajar sebesar 6,4% dan sebesar 93,6% dipengaruhi oleh variabel yang tidak ada dalam penelitian ini. Diperkuat lagi pada hasil nilai koefisien regresi yang memperoleh hasil koefisien positif sebesar 0,115, yang berarti uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai positif sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif antara variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y). Kemudian hasil pada uji t diketahui nilai signifikansi sebesar 0,013 < 0,05 yang berarti bahwa variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) berpengaruh secara parsial. Sedangkan hasil pada uji F telah diketahui nilai signifikansi yang sama yaitu sebesar 0,013 < 0,05 yang berarti kesiapan pembelajaran jarak jauh (X) terhadap hasil belajar (Y) dinyatakan berpengaruh secara simultan.
Kata Kunci: Kesiapan, Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil Belajar
Abstract
This study aims to determine the effect of distance learning readiness on student learning outcomes during the covid-19 pandemic in class X economics subjects at SMA Negeri 1 Sale in Rembang Regency. This type of research uses correlational research using a quantitative approach. It is evidenced by the coefficient of determination obtained from statistical tests of 0.064. This value indicates that there is a contribution between distance learning readiness and learning outcomes of 6.4% and 93.6% is influenced by variables that are not in this study. Reinforced again in the results of the regression coefficient which obtained a positive coefficient of 0.115, which means the simple linear regression test shows a positive value so that it can be concluded that there is a positive effect between the independent variable (X) on the dependent variable (Y). Then the results of the t test are known to have a significance value of 0.013 <0.05, which means that the independent variable (X) on the dependent variable (Y) has a partial effect. Meanwhile, the results of the F test have known the same significance value, which is 0.013 <0.05, which means that distance learning readiness (X) on learning outcomes (Y) is declared to have a simultaneous effect.
Keywords: Readiness, E-Learning, Learning Result