MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI KEBIJAKAN EKONOMI
WEB-BASED MIND MAPPING LEARNING MEDIA TO INCREASE UNDERSTANDING OF ECONOMIC POLICY MATERIALS
Dilatarbelakangi kurangnya pemahaman peserta didik tentang materi kebijakan moneter dan fiskal, penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi masalah tersebut. Media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan mind mapping dan berbasis web. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design,Development,& Dessiminate). Uji coba produk dilakukan secara terbatas pada 20 peserta didik dengan menganalisis hasil pre-test dan post-test yang dihitung dengan menggunakan gain score dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran mind mapping berbasis web dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Karena dengan menggunakan media pembelajaran ini proses mental aktif setiap peserta didik menjadi terangsang, materi disediakan secara ringkas sehingga mudah diingat. Dengan demikian, media pembelajaran mind mapping berbasis web pada mata pelajaran ekonomi dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam matapelajaran ekonomi serta siap diujicobakan di kalangan yang lebih luas lagi.
Kata kunci: Mind Mapping, Media Pembelajaran, Pemahaman, Ekonomi.
Against a background of students' lack of understanding of monetary and fiscal policy, the research conducted aims to develop learning media that expected to be able to overcome these problems. Learning media developed using a mind mapping and web-based approach. This type of research used in this study is Research and Development with the 4D development model (Define, Design, Develop, & Disseminate). Product trials conducted limited to 20 students by analyzing the results of the pre-test and post-test, which calculated using the gain score and t-test. The test results show that web-based mind mapping learning media can improve students' understanding. Because by using this learning media, the active mental processes of each student become aroused, the material provided so that it is easy to remember. Thus, web-based mind mapping learning media on economic subjects can be declared fit for use in economic issues and are ready to be tested in the broader circle.
Keywords: Mind Mapping, Learning Media, Understanding, Economics.