Media pembelajaran yang interaktif sangat dibutuhkan untuk kegiatan pembelajaran agar mempermudah dalam menyampaikan materi pada siswa dan memudahkan siswa memahami materi dengan baik. Dengan adanya media dalam pembelajaran maka siswa menjadi lebih aktif, kreatif serta mandiri dalam menyelesaikan persoalan yang sedang diajarkan pada. Berdasarkan hal tersebut maka solusi yang tepat adalah dengan mengembangkan media ular tangga modifikasi beri jawaban padaku. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media ular tangga modifikasi beri jawaban padaku serta mengetahui kualitas dengan mencakup aspek kevalidan media, kepraktisan media serta keefektivan media ular tangga modifikasi beri jawaban padaku.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D dengan menggunakan model ADDIE (analyze, develop, design, implement, evaluate). Teknik pengumpulan data dan teknik analisis data yang digunakan yaitu validasi, angket, dan tes. Penerapan dilakukan melalui dua tahapan yaitu uji coba skala kecil dan uji coba lapangan. Subjek uji coba skala kecil yaitu 10 siswa kelas IV-A SDN Pagerwojo yang dipilih secara acak dan uji coba lapangan yang menggunakan seluruh siswa kelas IV-C SDN Pagerwojo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media ular tangga modifikasi beri jawaban padaku meliputi lima tahapan model ADDIE yang menghasilkan produk berupa media ular tangga modifikasi beri jawaban padaku dengan kevalidan media dari hasil validasi 100% yang artinya sangat valid untuk digunakan kevalidan materi mencapai 77,5% yang artinya valid untuk digunakan dalam media. Adapun kepraktisan media ular tangga modifikasi beri jawaban padaku diperoleh dari angket respon siswa setelah menggunakan media mencapai 96%. Data keefektivan diperoleh melalui hasil tes siswa. Hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan t-test dengan taraf signifikan 5%. Uji coba kelompok kecil di kelas IV-A SDN Pagerwojo diperoleh thitung 4,472 (5%=2,262 < th = 4,472). Uji coba lapangan di kelas IV-C SDN Pagerwojo diperoleh thitung 5,486 (5%=2,063 < th = 5,486). Dengan demikian maka media ular tangga modifikasi beri jawaban padaku sangat layak digunakan untuk materi keterampilan membaca siswa kelas IV SD.
Kata Kunci: Pengembangan Media, Ular Tangga, Cerita Fiksi, Keterampilan Membaca
Interactive learning media is needed for learning activities to make it easier to deliver material to students and make it easier for students to understand the material well. Not only that, learning media can also make students not feel bored during the learning activities. With the media, students become more active, creative and independent in solving problems that are being taught in the learning process. Based on this, the right solution is to develop a snake ladder modification media give me the answer. The purpose of this study was to describe the process of developing the snake ladder modification media, giving me the answers and knowing the quality by including the validity aspects of the media, the practicality of the media and the effectiveness of the snake ladder modification give me an answer.
This research is a type of R & D research using the ADDIE model (analyze, develop, design, implement, evaluate). Data collection techniques used were validation, questionnaire and test. Implementation is carried out through two stages, namely small-scale trials and field trials. The subjects of the small scale trial were 10 students of class IV-A Pagerwojo Elementary School who were randomly selected and field trials using all IV-C grade students of Pagerwojo Elementary School.
The results showed that the snake ladder modification media development process gave me the answer covering the five stages of the ADDIE model that produced a product in the form of a modified snake ladder answer me with the validity of the media from 100% validation which means very valid to use material validity reaching 77.5% which means valid for use in the media. The practicality of the snake ladder modification media gives me the answer obtained from the student response questionnaire after using the media reaching 96%. Effectiveness data is obtained through student test results. The results of the pretest and posttest were analyzed using a T-test with a significant level of 5%. Small group trials in class IV-A Pagerwojo SDN obtained tcount 4.472 (5% = 2.262 <th = 4.472). Field trials in class IV-C Pagerwojo SDN obtained tcount 5.486 (5% = 2.063 <th = 5.486). Thus it shows that the snake ladder modification media gives me the answer it is very feasible to use for reading skills material for fourth grade students.
Keywords: Development of learning media, snake ladder media, fiction story texts, reading skills