ABSTRAK
Guntoro, 2018.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Power Point
Dalam Pembelajaran IPS
Peninggalan Sejarah Agama Hindu, Budha, Dan Islam Di Indonesia
Pada Peserta Didik Kelas V SDN Kuwon 1 Karas Magetan. Tesis, Program Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarjana Universitas
Negeri Surabaya. Dosen Pembimbing (I) Prof.
Dr. H. Aminuddin Kasdi, dan Dosen Pembimbing , (II) Prof. Dr. Wahyu
Sukartiningsih, M. Pd.
Kata Kunci : Hasil
Belajar IPS, Media Power Point
Penelitian ini bertujuan untuk men ingkatkan
hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kuwon 1, Karas,
Magetan dengan menggunakan media power
point. Jenis penelitihan ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dari
penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kuwon 1 Karas Magetan tahun
pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 peserta didik, yang terdiri atas 10
peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Penelitian ini
menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas beberapa kegiatan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan teknik yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi.
Instrumen penelitian menggunakan lembar hasil belajar, lembar observasi, dan
kamera. Teknis analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.
Indikator penelitian ini adalah minimal 75% dari seluruh jumlah peserta didik
yang mengikuti pembelajaran telah mencapai taraf kriteria ketuntasan minimal
yang telah ditentukan yaitu ≥ 70. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa media power
point dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS padaa peserta didik
kelas V SDN Kuwon 1 Karas Magetan. Peningkatan hasil belajar pserta didik dapat
dilihat dari nilai yang diperoleh peserta didik sebelum dilakukan tindakan dan
sesudah dilakukan tindakan. Nilai rata-rata kelas sebelum dilakukan tindakan
adalah di bawah 70, pada siklus I hasil
belajar mengalami peningkatan, dan pada siklus II hasil belajar dari semua
peserta didik sudah di atas nilai ketuntasan minimal.
ABSTRACT
Guntoro, 2018.
Efforts To Increase Understanding Of Learning
Participants Learning Using Media Power
Point In Learning Social Sciences History Of Hindu, Budha ,And Islam In Indonesia In The
Classification Of Class V Elementary School.
Tesis , Basic Education Program,
Graduate Program, State University Of Surabaya. Supervisor (I) Prof. Dr. H. Aminuddin Kasdi, and Supervisor, (II) Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M. Pd.
Keywords: Media
Power Point, Social Sciences Learning Result
This study aims to improve the learning outcomes of fifth
grade elementary school students at Kuwon 1, Karas, Magetan using power point
media.This type of research is Classroom Action Research. The subjects of this
study were the fifth grade students of SDN Kuwon 1 Karas Magetan for the
2018/2019 academic year, totaling 20 students, consisting of 10 male students
and 10 female students. This study uses two cycles. Each cycle consists of
several activities, namely planning, implementation, observation, and
reflection. While the techniques used in data collection are tests,
observations, and documentation. The research instrument uses learning outcomes,
observation sheets, and cameras. The technical data analysis used is descriptive
quantitative. The indicator of this study is that at least 75% of the total
number of students who take part in the study have reached the minimum set of
completeness criteria, namely ≥ 70. The results of this study indicate that power point media
can improve the learning outcomes of social studies in the fifth grade students
of SDN Kuwon 1 Karas Magetan. Increasing student learning outcomes can be seen from the
values obtained by students before the action and after the action is taken.
The average grade before action is below 70, in the first cycle the learning
outcomes increase, and in the second cycle the learning outcomes of all
students are above the minimum completeness value.