Pengembangkan Media Interaktif Menggunakan Adobe Captivate untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Desain Media Interaktif di SMK
Developing Interactive Media Using Adobe Captivate to Improve Learning Outcomes in Interactive Media Design Subjects in Vocational Schools
Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan media pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan Adobe Captivate, dengan mencangkup sebagai berikut, (1), Mengetahui kelayakan media interaktif menggunakan Adobe Captivate. (2), Mengetahui karakteristik butir soal pada media interaktif menggunakan Adobe Captivate yang Valid. (3), Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media interaktif menggunakan Adobe Captivate.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada pengembangannya menggunakan model ADDIE dan dalam implementasinya menggunakan metode kuasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelompok belajar yaitu kelas XII Multimedia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII Multimedia 2 sebagai kelas kontrol di SMK Unitomo Surabaya.
Data penelitian ini didapatkan dari hasil nilai kuis yang dikerjakan siswa dari media interaktif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara. Pelaksanaan penelitian ini mulai dari ajaran baru sampai tengah semester.
Sejalan dengan tujuan (1), hasil kelayakan menunjukan validasi media interaktif Adobe Captivate mendapatkan 88,33% dengan kategori sangat valid, validasi RPP mendapatkan 92,89% dengan kategori sangat valid, dan validasi butir soal mendapatkan 90,77% kategori sangat valid. (2), hasil penelitian menunjukan nilai reabilitas item sebesar 0,81 dengan kategori bagus dari 25 butir soal. Nilai validitas butir soal menyatakan 22 butir soal item valid dan 3 butir soal item tidak valid. Walaupun item tidak valid tetapi soal ini tetap digunakan dalam kuis. Dilihat dari tingkat kesukaran menyatakan kategori sangat mudah sebanyak 4 butir soal, kategori mudah sebanyak 10 butir soal, kategori sulit sebanyak 8 butir soal dan kategori sangat sulit sebanyak 3 butir soal. (3), hasil uji hipotesis menunjukan nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,049 lebih kecil dari batas kritis α = 0,05 dan terbukti bahwa nilai t hitung sebesar 2,010 sedangkan nilai t tabel sebesar 1,669.
This study aims to develop interactive learning media using Adobe Captivate, by covering the following, (1), Knowing the feasibility of interactive media using Adobe Captivate. (2), Knowing the characteristics of items on interactive media using Adobe Captivate that are valid. (3), Knowing the improvement of student learning outcomes by utilizing interactive media using Adobe Captivate.
This research is an experimental research using a quantitative approach. In its development using the ADDIE model and in its implementation using the quasi-experimental method. This study used two study groups, namely class XII Multimedia 1 as the experimental class and class XII Multimedia 2 as the control class at SMK Unitomo Surabaya.
The data of this study were obtained from the results of quiz scores done by students from interactive media. Data were collected using observation techniques and interview techniques. The implementation of this research started from the new school until the middle of the semester.
In line with the objectives (1), the feasibility results show that the validation of Adobe Captivate interactive media gets 88.33% with a very valid category, the lesson plan validation gets 92.89% with a very valid category, and the item validation gets 90.77% very valid category. (2), the results showed an item reliability value of 0.81 with a good category of 25 items. The item validity value states that 22 items are valid and 3 items are invalid. Although the item is invalid, this question is still used in the quiz. Judging from the level of difficulty, it states that the very easy category is 4 items, the easy category is 10 items, the difficult category is 8 items and the very difficult category is 3 items. (3), the results of hypothesis testing show a Sig (2 tailed) value of 0.049 smaller than the critical limit α = 0.05 and it is proven that the calculated t value is 2.010 while the t table value is 1.669.