Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD yang
berorientasi guided discovery untuk melatihkan keterampilan berpikir
kritis materi ikatan kimia kelas X SMA. Rancangan penelitian menggunakan RnD
dengan tahapan persiapan, pra-penelitian, studi lapangan, studi literatur,
rancangan pengembangan LKPD, rancangan produk, pengembangan LKPD, dan uji coba
produk. Validitas LKPD dilakukan oleh tiga validator yang kelayakannya ditinjau
dari validitas, efektifitas dan kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa (1) validitas Pada LKPD 1 berdasarkan
kriteria isi mendapatkan persentase validitas 81,33%,
kriteria bahasa 78,33%, kriteria penyajian 80%, dan kriteria kegrafisan sebesar
78,66%. Pada LKPD 2 berdasarkan kriteria isi mendapatkan persentase validitas
81,33%, kriteria bahasa 78,33%, kriteria penyajian 80%, dan kriteria kegrafisan
sebesar 78,66%. Pada LKPD 3 berdasrkan
kriteria isi mendapatkan persentase validitas 81,33%, kriteria bahasa 78,33%,
kriteria penyajian 80%, dan kriteria kegrafisan sebesar 78,66%. (2) ketuntasan
hasil belajar mendapatkan persentase 80% dan lebih dari 75% setiap komponen KBK
dalam kategori sedang-tinggi.(3) kepraktisan mendapatkan persentase
masing-masing aspek sebesar ≥61% . sehingga
LKPD yang dikembangkan dikatakan layak untuk digunakan.
Kata kunci: guided
discovery, ketuntasan
hasil belajar, KBK, LKPD.