Pengaruh Kegiatan Playworld Terhadap Kemampuan Literasi Pada ANak Usia 5-6 Tahun
THE INFLUENCE OF PLAYWORLD ACTIVITIES ON LITERACY SKILLS IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh dari kegiatan playworld terhadap kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, menggunakan Quasi Experimental Design dengan jenis nonequivalent control group. Pada desain quasi experiment terdapat dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penentuan sampel dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus Yamane dan Slovin dengan taraf kesalahan 5%. Sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 36 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik, uji T tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh nilai Sig. 0,035 sehingga mengakibatkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa kegiatan playworld memiliki pengaruh yang cukup singnifikan terhadap kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun.
This study aims to examine the effect of playworld activities on literacy skills in children aged 5-6 years. The method used in this research is quantitative, using Quasi Experimental Design with the type of nonequivalent control group. In the quasi experiment design there are two groups, namely the experimental group and the control group. The sample determination in this study was calculated using the Yamane and Slovin formulas with an error rate of 5%. So that the sample obtained was 36 children aged 5-6 years. Data collection techniques in this study used observation. Data analysis using parametric statistics, unpaired T test. The results showed that the Sig value was obtained. 0.035 resulting in Ho being rejected and Ha being accepted. This means that playworld activities have a significant influence on literacy skills in children aged 5-6 years.