Persepsi Siswa dalam Pengalaman Membaca Teks Deskriptif Secara Digital
Students' Perception in Experiencing Reading Descriptive Text Digitally
Pandemi COVID-19 membuat siswa Indonesia harus melakukan kegiatan belajar sekolah dari rumah. Hal ini membuat para siswa harus membaca buku mereka secara digital menggunakan ponsel atau laptop yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa Indonesia dalam membaca digital dan bagaimana mereka beradaptasi dengan bacaan digital dalam teks deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan wawancara untuk menjawab pertanyaan penelitian yang ada. Para siswa menyatakan bahwa mereka menemukan kesulitan dalam fokus mereka, menderita mata nyeri, daya tahan baterai perangkat yang singkat, susah menemukan sumber bacaan dan masih belum terbiasa dengan membaca digital.
Kata kunci: membaca, membaca digital, teks deskriptif
COVID-19 Pandemic makes Indonesian students have to conduct school learning activities from home. It makes the students have to read their books digitally using a mobile phone or laptop which they never did before. This research is intended to know Indonesian students’ perceptions in digital reading and how they adapt to the digital reading in descriptive text. The method used in this research is qualitative research and uses interviews to answer the research question. The students stated they found difficulties in their focus, their eye sore, short battery lifetime problems, uneasiness in finding reading material, and still haven't adapted to digital reading.
Keywords: reading, digital reading, descriptive text.