Kemampuan anak tunagrahita dalam menguasai pengaruh model explicit instruction pada pembuatan cilok sehat terhadap keterampilan vokasional masih kesulitan sehingga mempengaruhi kemampuan belajar kurang memuaskan dengan nilai rata-rata 54 atau di bawah nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model explicit instruction pada pembuatan cilok sehat terhadap keterampilan vokasional bagi anak tunagrahita ringan di SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre eksperimen dengan desain One Group Pretest – Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pre test menunjukkan nilai 54. Siswa yang memiliki nilai terendah 48,sedangkan nilai tertinggi 60. Perlakuan dilaksanakan selama 6 kali pertemuan dengan tingkat keberhasilan siswa dalam pembuatan cilok sehat dengan model explicit instruction sejumlah 6 siswa yang bisa melakukan kegiatan pembelajaran tersebut. Temuan penelitian hasil post test rata-rata menunjukkan nilai 83. Siswa yang memiliki nilai terendah 77,sedangkan nilai tertinggi 88. Simpulan peneliti menyatakan bahwa Model Explicit Instruction pada pembuatan cilok sehat memiliki pengaruh yang signifisikan pada model explicit instruction terhadap pembuatan cilok sehat pada keterampilan vokasional bagi anak tunagrahita ringan di SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo. Maka nilai Zh 2,52 lebih besar dari pada nilai krisis Z tabel = 1,96 , α = 5%.
Kata kunci : Model Explicit Instruction, Keterampilan Vokasional , Pembuatan Cilok Sehat , Anak tunagrahita Ringan.
The ability of mentally retardation children in mastering the influence of Explicit Instruction model in making healthy cilok toward vocational skill was still difficult so it influenced the learning ability which was less satisfied with the average value 54 or under KKM value. This research had purpose to apply the Explicit Instruction model in making healthy cilok toward vocational skill for mild mentally retardation children in SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo. This research used quantitative of pre experiment kind with One Group Pre test – Post Test design. The research result indicated that the average pre test showed value, 54. A student got the lowest value, 48 while the highest value was 60. The treatment was implemented for 6 times meeting with the student’s success level in making healthy cilok with Explicit Instruction model numbered 6 students who could do the learning activity. The research finding of the average post test result showed value, 83. The student got the lowest value, 77 while the highest value was 88. The researcher’s conclusion stated that the Explicit Instruction model in making healthy cilok had significant influence to Explicit Instruction model toward making healthy cilok to vocational skill for mild mentally retardation children in SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo. So, the Zh value, 2,52 was greater than critic value Z table = 1,96, α = 5%.
Keywords: Explicit Instruction model, vocational skill, making healthy cilok, mild mentally retardation children