Analisis Resepsi Pemilih Pemula Jawa Timur Terhadap Personal Branding Ganjar Pranowo di Instagram
ANALYSIS OF THE RECEPTION OF BEGINNER VOTERS IN EAST JAVA TOWARDS GANJAR PRANOWO'S PERSONAL BRANDING ON INSTAGRAM
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi pemilih pemula terhadap personal branding Ganjar Pranowo di Instagram berdasar pada perkembangan politik yang mengarah pada ranah digitalisasi di media baru. Pemilihan subjek pemilih pemula yang berasal dari luar daerah kepemimpinan Ganjar untuk menghindari bias akibat pengaruh kepemimpinan terhadap subjek yakni Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode analisis resepsi dengan Wawancara mendalam sebagai data primer yang kemudian dianalisis menggunakan teori aspek personal branding yang dikemukakan Peter Montoya. Penelitian ini mendapatkan satu pemilih pemula yang berada pada posisi oposisi terhadap salah satu aspek personal branding Ganjar Pranowo di Instagram serta sisanya pada posisi negosiasi dan dominan. Hasil penelitian ini melihat bahwa menurut pemilih pemula Ganjar dipandang sebagai sosok pemimpin ideal yang merakyat, tegas, mudah bergaul dengan seluruh kelas masyarakat, serta dihormati terlepas pada maksud lain di dalamnya. Penggunaan pendekatan pada permasalahan yang ada dalam masyarakat digunakan Ganjar untuk mendapatkan ketertarikan dan dukungan dari masyarakat. Penelitian ini dibatasi pada unggahan yang dipahami oleh responden yakni hingga November 2022 dengan media Instagram. Diharapkannya terdapat penelitian berikutnya yang membahas hal ini lebih lanjut menggunakan cakupan media dan subjek yang lebih luas.
This research aims to analyze the reception of first-time voters towards Ganjar Pranowo's personal branding on Instagram, based on the political developments that are leading towards digitalization in new media. The selection of first-time voter subjects from outside Ganjar's leadership area is done to avoid bias due to the influence of leadership on the subjects. This study employs a reception analysis method using in-depth interviews as primary data, which are then analyzed using the personal branding aspects theory proposed by Peter Montoya. The research identified one first-time voter who held an opposition position towards one aspect of Ganjar Pranowo's personal branding on Instagram, while the rest were in a negotiation and dominant position. The results of this research suggest that, according to first-time voters, Ganjar is viewed as an ideal leader who is close to the people, firm, easygoing with all classes of society, and respected, regardless of other intentions behind it. Ganjar uses an approach to address societal issues to gain interest and support from the public. This research is limited to posts understood by the respondents until November 2022 on the Instagram platform. It is hoped that future research will further explore this topic with broader media coverage and subjects.