Desain Sistem Magnetic Levitation Dengan Kontrol PID Menggunakan Tuning Cohen-Coon.
Design System of Magnetic Levitation with PID Control using Cohen-Coon Tuning
Seiring perkembangan zaman banyak teknologi yang berkembang dan beriovasi, baik dibidang industri dan transaportasi. Banyak penelitian yang mengembangkan konsep Magnetik Levitation sebagai inovasi baru dalam berbagai bidang. Magnetik levitation banyak diniai sebagai trobosan baru dalam bidang teknologi yang dapat diaplikasikan dalam banyak hal sebagai contoh Kerta api Maglev, dekorasi yang menerapkan konsep maglev. Dalam penerapannya magnetic levitation membutuhkan keseimbangan yang stabil dan presisi. Permasalahan pada magnetic levitation adalah keseimbangan pada saat beban (bola magnet) pada Sistem Magnetic Levitation tidak seimbang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rancangan Sistem Magnetic Levitation dengan skala yang lebih kecil agar dapat digunakan untuk menghasilkan suatu sistem yang lebih stabil dengan menggunakan kontroler PID dengan metode Cohen-Coon sehingga harapannya metode ini nantinya dapat digunakan pada system Magnetic Levitation dengan skala yang lebih besar. Hasil dari simulasi menggunakan perbandingan kontroler Proportional Intergral (PI) dan Proportional Integral Derifative (PID) pada sistem pengendali Magnetic Levitation didapatkan nilai terbaik (PI) Kp = 0.45 Ki = 1.02 dan (PID) Kp = 0.76, Ki = 1.87 Kd = 0.31 dan dapatkan hasil dari respon sistem dengan (PI) Rise Time = 0.8796s, Settling Time = 20.28s, Peak Time 3.44s dan mencapai overshoot 65.39%, (PID) Rise Time = 0.7416s, Settling Time = 15.52s, Peak Time 3.16s dan mencapai overshoot 63.01%, magnetic levitation dengan menggunakan kontroller PID lebih cepat mencapai step respons dan memiliki nilai overshoot yang lebih kecil dibandingkan dengan controller PI.
Kata Kunci: Magnetic Levitation, Kontroler PI dan PID, Tuning Cohen-Coon.
Technologies has been developing and innovating, both in the fields of industry and transportation. Many studies have developed the concept of Magnetic Levitation as a new innovation in various fields. Magnetic levitation is widely regarded as a new breakthrough in the field of technology that can be applied in many ways, for example Maglev trains, decorations that apply the concept of maglev. In its application, magnetic levitation requires a stable and precise balance. The problem with magnetic levitation is balance when the load (magnetic ball) on the Magnetic Levitation System is not balanced. The purpose of this research is to design a Magnetic Levitation System with a smaller scale so that it can be used to produce a more stable system using a PID controller with the Cohen-Coon method so that it is hoped that this method can later be used on a Magnetic Levitation system with a larger scale. big. The results of the simulation using a comparison of Proportional Integral (PI) and Proportional Integral Derifative (PID) controls on the Magnetic Levitation control system obtained the best value (PI) Kp = 0.45 Ki = 1.02 and (PID) Kp = 0.76, Ki = 1.87 Kd = 0.31 and get the results of the system response with (PI) Rise Time = 0.8796s, Settling Time = 20.28s, Peak Time 3.44s and reached overshoot 65.39%, (PID) Rise Time = 0.7416s, Settling Time = 15.52s, Peak Time 3.16s and achieves overshoot of 63.01%, magnetic levitation by using the PID controller is faster to achieve step response and has a smaller overshoot value than the PI controller.
Keywords: Magnetic Levitation, PI and PID Controller, Tuning Cohen-Coon.