Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi sains siswa dengan diterapkan model pembelajaran Guided Inquiry, respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran Guided Inquiry untuk meningkatkan literasi sains pada siswa, dan keterlaksanaan model pembelajaran Guided Inquiry untuk meningkatkan literasi sains pada siswa pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 3 Mojokerto. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest posttest design dengan menggunakan tiga kelas yaitu kelas eksperimen, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes kemampuan literasi sains siswa, lembar angket respon siswa, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Data kemampuan lterasi sains siswa dianalisis menggunakan uji t-berpasangan dan analisis n-gain. Data respon siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dalam bentuk nilai rata-rata. Kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen dan kelas replikasi meningkat secara signifikan dengan rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,700, kelas replikasai 1 sebesar 0,644, dan kelas replikasi 2 sebesar 0,689 dengan kriteria sedang. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Guided Inquiry hasil yang diperoleh yaitu kelas ekperimen diperoleh persentase sebesar 83,63%, pada kelas replikasi 1 diperoleh persentase sebesar 81,29%, dan pada kelas replikasi 2 diperoleh persentase sebesar 81,20%. Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Guided Inquiry pada kelas eksperimen dan kelas replikasi terlaksana dengan baik dengan nilai rata-rata 3,29 dan 3,33. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Inquiry dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi usaha dan energi.
Kata kunci: Guided Inquiry, Literasi Sains, Usaha dan Energi
This study aims to describe the implementation of students' literacy skills by applying Guided Inquiry learning models, student responses after applying Guided Inquiry learning models to improve scientific literacy in students, and the implementation of Guided Inquiry learning models to improve scientific literacy in students in work and energy in class X SMA 3 Mojokerto. The research design used was one group pretest posttest design using three classes, that is experimental class, replication class 1, and replication class 2. The research instruments used were student science literacy skills test sheets, the student’s response questionnaire, and learning implementation sheets. Data on students' literacy skills were analyzed using paired t-test and n-gain analysis. Student response data were analyzed in the form of percentages. Data in the implementation of learning in the form of average grades. Science literacy abilities of students in the experimental class and replication class increased significantly with the average n-gain of the experimental class of 0.700, the replication class 1 by 0.644, and the replication class 2 by 0.689 with the criteria being medium. Student’s responses to the application of the Guided Inquiry learning model results obtained were the experimental class with a percentage of 83.63%, in the replication class 1 the percentage was 81.29%, and in the replication class 2 the percentage was 81.20%. The skill of implementation Guided Inquiry learning models in the class experimental and replication classes was well implemented with an average value of 3.29 and 3.33. Based on the results of the research, it can be concluded that the application of the Guided Inquiry learning model can be used to improve students' scientific literacy skills in work and energy.
Keywords: Guided Inquiry, Science Literacy, Work and Energy