Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class dan motivasi belajar baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel prestasi belajar siswa pada dua SMK di kabupaten Gresik yakni SMK YPI Darussalam 2 Cerme dan SMK NU Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif guna menggambarkan ada tidaknya pengaruh variabel pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap variabel prestasi belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan angket kepada 54 responden, dimana SMK YPI Darussalam 2 Cerme sejumlah 21 orang dan SMK NU Gresik sejumlah 33 orang. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran. Data yang telah diperoleh dan terkumpul kemudian diolah melalui aplikasi SPSS for windows 25.0. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi berganda, uji T atau uji parsial dan uji F atau uji simultan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 pada dua SMK di kabupaten Gresik (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 pada dua SMK di kabupaten Gresik (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 pada dua SMK di kabupaten Gresik. Hasil analisis regresi berganda pada dua SMK di kabupaten Gresik menghasilkan persamaan Y = -9,680 + 4,638X1 + 5,563X2. Dengan demikian pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class dan motivasi belajar berpengaruh positif baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran pada dua SMK di kabupaten Gresik Variabel pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class dan motivasi belajar berpengaruh sebesar 64,03% terhadap prestasi belajar siswa, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
Simpulan dari penelitian ini adalah pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada dua SMK di kabupaten Gresik.
Kata Kunci : pola pembelajaran-training, teaching factory, motivasi, prestasi.
This study aims to determine the effect of training-learning pattern variables in teaching factory alfamart class and learning motivation both partially and simultaneously on student achievement variables at two vocational high schools in Gresik regency namely SMK YPI Darussalam 2 Cerme and NU Gresik Vocational High School. This study conducted by quantitative approach to describe the presence or absence of the influence of training-learning pattern variables in teaching factory alfamart class (X1) and learning motivation (X2) on the variable of student achievement (Y). Data collection techniques used in this study were primary data by distributing questionnaires to 54 respondents, where 21 students from SMK YPI Darussalam Cerme and 33 students from SMK NU Gresik. Respondents in this study were students of the XIIth class of online business and marketing major. Data that has been obtained and collected was then processed through the SPSS application for Windows 25.0. Data analysis in this research used multiple regression test, T test or partial test and F test or simultaneous test.
The results showed that (1) there was a significant effect between the training-learning pattern variables in the teaching factory alfamart class on student’s achievement with a significance value of 0,000 <0.05 in two vocational high schools in Gresik regency (2) there was a significant effect between variables learning motivation on student’s achievement with a significance value of 0,000 <0.05 in two vocational Schools in Gresik regency (3) there was a significant influence between the training - learning pattern variables in teaching factory Alfamart class and learning motivation together on student’s achievement with a significance value of 0,000 <0.05 in two vocational schools in Gresik Regency. The results of the multiple regression analysis of the two vocational schools in Gresik Regency produced the equation Y = -9,680 + 4,638X1 + 5.563X2. Thus, the training-learning pattern in teaching alfamart class factory and learning motivation had a positive effect both partially and simultaneously on student’s achievement in online business and marketing major in two vocational schools in Gresik Regency. The variable of training-learning pattern in teaching factory alfamart class and learning motivation influenced 64.03% on student learning achievement, and the rest was influenced by other variables not in this study.
The conclusion of this research is the training-learning pattern in teaching factory alfamart class and learning motivation has a significant effect on student achievement in two vocational schools in Gresik regency.
Keywords: training-learning pattern, teaching factory, motivation, achievement.