Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan yang terdapat pada SMP Negeri 33 Surabaya yaitu kurangnya sarana percobaan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pokok bayangan pada cermin. Berdasarkan analisis kebutuhan pengembang melakukan penelitian dengan mengembangkan Media Simulasi Digital materi pokok bayangan pada cermin untuk kelas VIII di SMPN 33 Surabaya.
Tujuan dari pengembangan ini adalah (1) untuk mengembangkan media Simulasi Digital yang layak pada materi pokok bayangan pada cermin di SMPN 33 Surabaya. (2) Mengembangkan Media Simulasi Digital yang efektif digunakan untuk materi pokok Bayangan Pada Cermin di SMPN 33 Surabaya.
Penelitian Ini menggunakan Model DDD-E ( Decide, Design, Develop, Evaluate). Pengembangan ini digunakan karena model pengembangan ini sesuai dengan Model pengembangan Simulasi Digital. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Wawancara terstruktur, angket tertutup, dan tes untuk mengetahui kelayakan media Simulasi Digital. Sedangkan untuk mengetahui tingkat efektifitas menggunakan uji t.
Berdasarkan analisis data uji kelayakan dilakukan dengan ahli pembelajaran, Ahli materi I - II, dan Ahli Media I – II serta uji coba produk yang diterapkan uji perorangan, kelompok kecil, hingga kelompok besar mendapatkan kategori yang sangat baik. Sehingga media Simulasi Digital dapat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran materi Bayangan Pada Cermin. Sedangkan hasil analisis Uji t pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen, didapatkan hasil t hitung < t tabel (1,357 < 1,994) maka dapat dikatakan bahwa tidak ada beda yang signifikan pada rata-rata kemampuan awal. Sedangkan hasil post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen 14,803 > 1,994 hasil dari posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil posttest kelas kontrol. maka disimpulkan bahwa hasil posttest yang meningkat pada kelas eksperimen. Sehingga media Simulasi Digital yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran materi Bayangan Pada Cermin Kelas VIII SMP Negeri 33 Surabaya.
Kata kunci: Simulasi Digital, IPA, Bayangan Pada Cermin
This research based on on the areas that can exist at the level of the public junior high schools 33 surabaya namely shares her experiments in growing a lack of facilities the teaching process of natural science subject matter shadow in the mirror. Based on the analysis of the needs of developers do research by develop digital media simulation of subject matter cast a shadow upon a mirror to class VIII at junior high school 33 surabaya .
The purpose of this development is (1) to develop Digital Media Simulation viable for subject matter a shadow on the mirror junior high school 33 surabaya, (2) develop media effectively Digital Simulations used to subject matter a shadow on the mirror junior high school 33 surabaya.
This research using models DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). The development is used for this model of development in accordance with digital. Simulation model of development Data collection techniques in this study using interviews, structured the survey covered, and test to see the worthiness of Digital Media Simulation. While to know the level of the effective use T-test.
Based on analysis of data due diligence be done with the expert lesson plans, experts lecture I - II, and experts media I – II, and the trials test individuals, products that are applied clusters of small, until a large group get a very good category. So that the Media Digital Simulations may be appropriate to be applied in learning the material a shadow on the mirror. While the analysis of test t pretest control class and class experiment it is got the t count < lt; t table (1,357 < 1,994 ) it can be said that there is no different significant at early ability. While based on class post-test control and a class experiment (14,083 < 1,994) the result of posttest class experiment is higher than the results of posttest class control. Then be concluded that the results of posttest that rises in the category experiment. So that the Media Digital Dimulation developed effective learning material used in a shadow on the mirror class viii smpn 33 surabaya.
Keywords: Digital Simulation, Natural Science, A Shadow on the mirror