STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI AUDITORY VERBAL THERAPY TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK TUNARUNGU
DESCRIPTIVE STUDY IMPLEMENTATION OF AUDITORY VERBAL THERAPY ON THE LANGUAGE SKILLS OF DEAF CHILDREN
Auditory Verbal Therapy (AVT) diperuntukkan pada anak tunarungu yang menggunakan alat bantu dengar(ABD) dengan sesi terapi intervensi dini intensif pada aspek pendengaran untuk mencapai bahasa lisan yang sesuai dengan usia anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi AVT terhadap keterampilan berbahasa anak tunarungu mencakup prasyarat, prinsip, aspek perkembangan, tahapan, faktor pengaruh, peran orang tua dalam AVT menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Perolehan hasil analisis bahwa 75 persen dari delapan literatur menunjukkan implementasi AVT dapat membantu orang tua mengembangkan keterampilan berbahasa anak tunarungu sehingga dapat mencapai potensi maksimum sesuai dengan usia kronologisnya, kemudian 25 persen literatur menyatakan dampak positif AVT dalam keterampilan bahasa bergantung pada faktor penunjangnya.
Kata Kunci. Terapi Auditory-Verbal, Keterampilan Berbahasa, Anak Tunarungu
Auditory Verbal Therapy (AVT) is intended for deaf children who use hearing aids with intensive early intervention therapy sessions on the auditory aspect to achieve an oral language appropriate to the age of the child. This research aims to describe the implementation of AVT in deaf children's language skills including prerequisites, principles, developmental aspects, stages, influence factors, parental role in AVT using the Systematic Literature Review (SLR) method. There were eight selected articles analyzed, 75 percent showed that AVT implementations can help parents develop deaf children's language skills so that they can achieve maximum potential according to their chronological age. While the remaining 25 percent states the positive impact of AVT in language proficiency depends on its visitor factors.
Keywords. Auditory Verbal Therapy, Language Skills, Hearing Impairment