: Perancangan Media Promosi Digital Serona Foto Studio Melalui Instagram
Designing Digital Promotion Media for Serona Photo Studio Design via Instagram
Fotografi menjadi gaya hidup oleh masyarakat Indonesia, kemanapun kita fotografi menjadi hal yang dibutuhkan untuk mengabadikan momen. Saat ini industri fotografi terus mengalami peningkatan. Beberapa orang memilih untuk membuka bisnis bidang fotografi seperti studio foto dengan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan jasanya pada audiens. Penulis membuat perancangan desain untuk media promosi Serona foto studio, karena studio ini masih kurang berkembang dari segi media promosi. Sehingga dilakukanlah perancangan konten Instagram Serona foto studio menjadi konten interaktif dan informatif untuk memperkuat identitas sekaligus menarik interaksi konsumen. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan teknik analisis SWOT dan metode perancangan Design Thinking. Pada proses pengembangan konten diawali dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, kuesioner dan analisa kompetitor. Hasil perancangan ini berupa konten interaktif dan informatif yang akan di bagikan melalui instagram. Konten yang akan dibagikan dengan tampilan yang menarik dan ditambah dengan fitur yang ada pada instgram seperti polling, like, comment, highlight, Question, Add Yours dan lain-lain. Dengan fitur tersebut akan mendapat umpan balik dari audiens.
Kata Kunci: Serona Foto Studio, Media promosi, Instagram
Photography has become a lifestyle for Indonesian people, wherever we go, photography is something we need to capture moments. Currently the photography industry continues to experience improvement. Some people choose to open a photography business such as a photo studio by using social media to promote their services to their audience. The author created a design for promotional media for Serona Foto Studio, because this studio is still underdeveloped in terms of promotional media. So Serona Foto Studio's Instagram content was designed to be interactive and informative content to strengthen identity while attracting consumer interaction. This qualitative research was carried out using SWOT analysis techniques and the Design Thinking design method. The content development process begins with collecting primary and secondary data through observation, interviews, questionnaires and competitor analysis. The results of this design are interactive and informative content that will be shared via Instagram. The content will be shared with an attractive appearance and added with existing features on Instagram such as polls, likes, comments, highlights, questions, Add Yours and others. With this feature, you will get feedback from the audience.
Kata Kunci: Serona Photo Studio, Promotion Media, Instagram