Pembelajaran yang banyak diterapkan di kurikulum 2013 menggunakan model pembelajaran kooperatif. Karena memiliki bobot keberhasilan yang menunjang dalam pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan hasil obeservasi yang dilakukan oleh peneliti di MI Muhammadiyah 5 Kota Surabaya. Menemukan bahwa kemampuan memahami materi SKI masih kurang. Hal ini disebabkan guru masih terpaku kepada metode ceramah dan belum mampu menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Karena segala materi di dalam kurikulum 2013 bersifat kontekstual. Dari 30 siswa yang ada di kelas V Abu Dawud masih ada 17 siswa yang berada di bawah KKB yaitu 75. Kemudian peneliti memberikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran CIRC.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar. Metode yang dipakai dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan melalui beberapa tahap, yaitu perencanaan tindakan kelas, observasi, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Subyek dari pelaksanaan penelitian ini adalah siswa kelas V Abu Dawud MI Muhammadiyah 5 Kota Surabaya terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes hasil belajar siswa. Lembar observasi itu sendiri terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.
Penelitan ini menggunakan 2 siklus. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu pada aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran CIRC mengalami peningkatan pada siklus I 76,25 % dan siklus II 93,25 %. Pada aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan 88,75 % pada siklus II. Untuk hasil belajar siswa mengalami pada siklus I 66,7 % dan siklus II 93,3 %. Mengenai hasil yang diperoleh tersebut menyimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah 5 Kota Surabaya
Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, danHasil Belajar
Many studies have been implemented in the 2013 curriculum using cooperative learning models. Because it has a weight of success that supports in classroom learning.Based on the results of the observation conducted by researchers in MI Muhammadiyah 5 Surabaya City. Found that the ability to understand SKI material is still lacking. This is because the teacher is still stuck to a method that uses the lecture and has not been able to draw closer to the current kntextual. Because all material that is in the 2013 curriculum is contextual. Of the 30 students in Abu Dawud V class, there are 17 students under the KKB 75. Then researchers provide a solution by implementing a CIRC learning model.
The purpose of this research is to describe teacher activity, student activity and increased learning outcomes. The method used in the study is class action research (PTK). By going through several stages, namely the planning of class action, observation, implementation and observation, as well as reflection. The subject of this research is the student of grade V of Abu Dawud MI Muhammadiyah 5 of Surabaya consists of 30 students. Data collection techniques using observations and tests of student learning outcomes. The observation sheet itself consists of an observation sheet of teacher activity and student activity.
This research uses 2 cycles. The results gained from this study were in teacher activity by using CIRC learning model increased by 17.5% with details on cycle I 76.25% and cycle II 93.25%. In student activity experienced an increase of 78.75% with details on the cycle II and 88.75% in cycle II. For student learning results experienced an increase of 26.6% with details on the cycle I 66.7% and cycle II 93.3%. Regarding the results it concluded that the learning model CIRC can improve the learning outcomes of the class V MI Muhammadiyah 5 Surabaya.
Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition model and learning outcomes