ABSTRAK
Cahyani, Erra. 2019. Efektivitas Pendekatan Saintifik Untuk Melatihkan Keterampilan Penyelesaian Masalah dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Suryanti, M.Pd dan (2). Dr. Widowati Budijastuti, M.Si
Kata-kata kunci : Pendekatan saintifik, keterampilan penyelesaian masalah, penguasaan konsep siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik (2) pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan penyelesaian masalah dan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (3) pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan penyelesaian masalah (4) pengaruh pendekatan saintifik terhadap peguasaan konsep siswa (5) respon siswa terhadap pendekatan saintifik. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent groups pretest-posttest. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV B dan IV C SDN Janti I Waru yang berjumlah 53 siswa. Data penelitian diperoleh melalui metode observasi, tes, dan angket. Data dianalisis dengan MANOVA (Multivariate Analysis of Varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada setiap pertemuannya terlaksana dengan baik (2) Ada pengaruh positif yang signifikan dari pendekatan saintifik terhadap keterampilan penyelesaian masalah dan penguasaan konsep siswa (3) Ada pengaruh positif yang signifikan dari pendekatan saintifik terhadap keterapilan penyelesaian masalah (4) Ada pengaruh positif yang signifikan dari pendekatan saintifik terhadap penguasaan konsep siswa (5) Respon siswa terhadap pendekatan saintifik menunjukkan hasil sangat positif. Kesimpulannya, pendekatan saintifik efektif digunakan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahua Alam untuk meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah dan penguasaan konsep siswa.
ABSTRACT
Cahyani, Erra. 2019. Scientific approachment effectiveness to practice problem solving skills and concept Mastery of science' in primary school. Thesis. Post graduate program, The State University of Surabaya. Advisor (1) Dr. SURYANTI, M.Pd and (2) Dr Widowati Budijastuti, M.Sc.
Kata-kata kunci : Scientific approachment , problem solving skills, concept mastery
This research aims to describe (1) the implementation of learning with a scientific approach (2) the effect of a scientific approach to problem solving skills and students' mastery of concepts in Science (3) the effect of a scientific approach to problem solving skills (4) the effect of a scientific approach to mastery of student concepts (5) students' responses to scientific approaches. The research was a quasi experimental research using the nonequivalent pretest-posttest design. The subjects of the research in class IV B and IV C of SDN Janti I Waru, amounted of 53 students. The research data were obtained through observation, tests and questionnaires. Data were analyzed with MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). The results showed that (1) The implementation of learning with scientific approach at each meeting is well implemented (2) There is a significant positive effect of the scientific approach to problem solving skills and mastery of students' concepts (3) There is a significant positive effect of the scientific approach to problem solving (4) There is a significant positive influence of the scientific approach to the mastery of students 'concepts (5) Students' responses to the scientific approach showed very positive results. In conclusion, the scientific approach is effective to use in Science to improve problem solving skills and students' mastery of concepts.