MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING MATERI PENCEMARAN UDARA
FACILITATE THE SKILLS OF STUDENT SCIENCE LITERACY WITH MIND MAPPING STRATEGY IN AIR POLLUTION
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan literasi sains dengan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping. Literasi sains pada penelitian ini merupakan aspek kompetensi ilmiah yang terdiri dari indikator menjelaskan fenomena ilmiah,mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah serta menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Rancangan penelitian menggunakan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan lembar tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain,dan uji t-tidak berpasangan. Peningkatan literasi sains di kelas VII G paling signifikan pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah dengan analisis n-gain rata-rata 0,87, indikator mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah sebesar 0,83,dan pada indikator menafsirkan data dan bukti secara ilmiah sebesar 0,56. Pada kelas VII H peningkatan paling signifikan juga pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah dengan analisis n-gain rata-rata 0,80, indikator mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah sebesar 0,73 dan indikator menafsirkan data dan bukti secara ilmiah sebesar 0,73. Dapat disimpulkan kemampuan literasi sains siswa melalui strategi pembelajaran mind mapping materi Pencemaran Udara mengalami peningkatan. Peningkatan yang paling signifikan pada indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah Kata Kunci: mind mapping,peningkatan dan literasi sains
This study aims to describe the increase in scientific literacy by involving mind mapping learning strategies. This study aims to describe the increase in scientific literacy using mind mapping learning strategies. The scientific literacy in this research is an aspect of scientific competence consisting of indicators explaining scientific phenomena, evaluating and designing scientific investigations and interpreting data and evidence scientifically. The study design uses one group pre-test post-test design. Data collection techniques is to provide test sheets before and after treatment. Data analysis techniques used were normality test, homogeneity test, n-gain test, and unpaired t-test. The most significant increase in scientific literacy in class VII G on indicators explains scientific phenomena with an average n-gain analysis of 0.87, indicators evaluate and design scientific investigations of 0.83, and on indicators interpret scientific data and evidence of 0.56 . In class VII H the most significant increase was also the indicator explaining scientific phenomena with an average n-gain analysis of 0.80, the indicator evaluating and designing scientific investigations of 0.73 and the indicator interpreting scientific data and evidence of 0.73. it can be concluded the ability of students' scientific literacy through the mind mapping learning strategy of Air Pollution material has increased. The most significant increase in indicators explains the phenomenon scientifically Keywords: mind mapping, science improvement and literacy