Kemampuan literasi sains semakin diperhatikan dalam dunia pendidikan, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat pada revolusi industri 4.0 menjadikan guru harus mengintegrasikan pembelajaran dengan teknologi yang ada agar pembelajaran menjadi menarik serta tujuan pembelajaran tercapai secara efisien. Penelitian untuk menganalisis keterlaksanaan, efektivitas, serta respon peserta didik terhadap penerapan Blended Learning berbasis Edmodo dalam meningkatkan literasi sains. Penelitian dilakukan terhadap 50 peserta didik di SMAN 1 Cerme. Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Dari data yang dihasilkan adalah keterlaksanaan pembelajaran terkategori sangat baik, terjadi peningkatan kemampuan literasi peserta didik sebesar 0.49 dengan kategori efektif serta peserta didik memberikan respon positif terhadap penelitian dengan persentase komulatif 73.26% .
Kata kunci : Literasi Sains, Blended Learning, Edmodo
Scientific literacy ability is increasingly considered in the world of education, with the rapid development of technology industrial revolution 4.0 makes teachers have to integrate learning with existing technology so that learning becomes interesting and learning objectives are achieved efficiently. Research to analyze the feasibility, effectiveness, and response of students to the implementation of Edmodo-based Blended Learning in improving scientific literacy. Study was conducted on 50 students at SMAN 1 Cerme. Research used was Quasi Experiment with nonequivalent control group design. Based on the data analysis of the implementation of categorized learning is very good, there is an increase in the literacy ability of students by 0.49 with the effective category and students provide a positive response to the study with a cumulative percentage of 73.26%.
Keywords : Scientific literacy, Blended Learning, Edmodo