Desain Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Mata Pelajaran Interaksi Sosial
Guided Inquiry Learning Design for Social Interaction Subject
Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui kelayakan rencana pembelajaran penerapan model Guided Inquiry dalam materi Interaksi sosial dan kelayakan materi Interaksi Sosial. Sebagai alternative dalam meningkatkan prestasi belajar pada peserta didik di Sekolah Menengah Pertama diperlukannya model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kriteria peserta didik, karakteristik materi dan tujuan pembelajarannya. Salah satu model yang dirasa sesuai adalah Guided Inquiry. Model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan pemahaman peserta didik serta mendorong kerjasama dan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran secara aktif sehingga menumbuhkan rasa percaya diri pada setiap peserta didik. Pembelajaran Guided Inquiry mengembangkan kemampuan peserta didik untuk berpikir secara sistematis, logis dan kritis. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik presentase menggunakan skala penilaian Guttman “YA” dan “TIDAK”. Berdasarkan uji kelayakan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dilakukan diperoleh hasil yang menunjukkan kategori sangat layak, Uji kelayakan materi memperoleh hasil yang menunjukkan kategori sangat layak. Sehingga Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Interaksi Sosial dengan menggunakan model Guided Inquiry dirasa cocok untuk peserta didik kelas VII di Sekolah Menengah Pertama.
The purpose of writing this article is to determine the feasibility of the learning plan application of the Guided Inquiry model in social interaction material and the feasibility of social interaction material. As an alternative in increasing the learning achievement of students in junior high schools, it is necessary to have a learning model that is appropriate and in accordance with the criteria of students, material characteristics and learning objectives. One model that is deemed appropriate is the Guided Inquiry. Inquiry learning model can increase students' understanding and encourage cooperation and involvement of students in active learning activities so as to foster self-confidence in each student. Guided Inquiry learning develops students' ability to think systematically, logically and critically. This type of research is quantitative, The data collection methods used were observation and questionnaires. The data obtained were analyzed using percentage techniques using the Guttman rating scale “YES” or “NO”. Based on the feasibility test of the Learning Implementation Design that has been carried out, results show that the category is very feasible, the material feasibility test obtains results that indicate the category is very feasible. So that the Learning Implementation Plan for Social Sciences subjects Social Interaction material using the Guided Inquiry model is deemed suitable for grade VII students in Junior High School.