ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penanganan anak disleksia yang memiliki gangguan emosi, hambatan dalam menangani emosi anak disleksia, dan penerapan anger management sebagai solusi yang digunakan untuk menagatsi hambatan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.
Tahapan penelitian ini dimulai dengan menentukan fokus, mengumpulkan data, mengolah data dengan teknik interactive model Miles dan Huberman, mendiskripsikan dan membahas hasil penelitian, pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu, dan memberikan hasil laporan. Temuan penelitian ini meliputi: (1) Gangguan emosi pada anak disleksia dapat diatasi dengan menggunakan anger management (2) Lembaga SEBAYA menerapkan 7 langkah anger management: mewarnai objek, berbagi cerita, menceritakan penyebab kemarahan, diskusi solusi untuk meredam kemarahan, relaksasi pernapasan, melakukan hal yang disukai, meningkatkan komunikasi dengan orang lain (3) Penanganan emosi anak disleksia dengan menggunakan anger management dapat dilakukan di lembaga dan di rumah.
Kata Kunci: Penanganan, Emosi Anak Disleksia, AngerManagement.
ABSTRACT
The purpose of this study is to describe the handling of dyslexic children who had emotional disturbances, the barriers to deal with the emotions of dyslexic children, and the application of anger management as a solution to prevent obstacles. The method used was descriptive qualitative method.
The procedures of this study began by determining the focus, collecting the data, processing the data using interactive techniques in the Miles and Huberman models, describing and discussing the results of the research, checking the validity of the data by triangulating sources, techniques and time, and giving the results of the report. The findings of this study include: (1) Emotional disorders in dyslexic children could be overcome using anger management (2) SEBAYA Institutions apply 7 steps of anger management:; coloring objects, sharing stories, telling the causes of anger, discussing solutions to reduce anger, relaxing breathing, doing preferred things, improve communication with other people (3) Handling the emotions of dyslexic children by using anger management could be done in institutions and at home.
Keywords: Handling, Emotions of Dyslexic Children, Anger Management