ABSTRAK
Primajaya, Vicky Adi. 2019. Pengembangan UKBM Berbasis Identifikasi KD dan Pengambilan Semester Pada Mata Pelajaran PJOK Jenjang SMA yang Mengimplementasikan Sistem Kredit Semester. Tesis. Jurusan Pendidikan Olahraga, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr.Nanik Indahwati,M.Or. (II) Dr. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.
Kata kunci: UKBM, PJOK, Sistem Kredit Semester
Penelitian ini dilatarbelakangi implementasi SKS di sekolah. Sekolah yang mengimplementasikan SKS wajib hukumnya untuk membuat UKBM. UKBM adalah Unit Kegiatan Belajar Mandiri. Berupa media pembelajaran sebagai pendamping siswa memahami suatu materi. Peneliti mengembangkan UKBM mata pelajaran PJOK yang berbasis pada identifiksi KD dan pengambilan semesternya. Pada mata pelajaran PJOK jenjang SMA terdapat KD yang saling berkaitan. Mulai dari KD pada kelas X sampai dengan KD yang terdapat pada kelas XII. Peneliti melakukan identifikasi KD dari tiga jenjang kelas tersebut. Selanjutnya peneliti membuat rancangan model identifikasi KD untuk UKBM yang dikembangkan lengkap dengan keterangan KD tersebut berasal dan harus diambil pada semester berapa. Hal ini akan sangat menunjang kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga dengan tujuan utama SKS dimana siswa bisa lebih leluasa menentukan kecepatan belajarnya sendiri dengan melihat rancangan model tersebut.
Penelitian Pengembangan UKBM Berbasis Identifikasi KD dan Pengambilan Semester Pada Mata Pelajaran PJOK Jenjang SMA yang Mengimplementasikan Sistem Kredit Semester dilakukan di SMAN 1 Tuban kelas X IPA 5, X IPA 7 dan X IPS 1. Menggunakan model penelitian pengembangan Borg & Gall. Akan tetapi peneliti hanya mengunakan 7 langkah, mengingat kebutuhan yang ada pada penelitian ini sudah terpenuhi. Data diperoleh dari lembar kuesioner media pembelajaran berupa data kuantitatif digunakan untuk menganalisis kelayakan pengembangan UKBM tersebut. UKBM yang dikembangkan telah mendapatkan validasi dari tiga validator yang berasal dari tiga latar belakang yang berbeda. Satu validator berasal dari tim pengembang SKS Kemendikbud RI, satu validator dari dosen FIO UNESA dan satu validator dari Penanggung Jawab SKS SMAN 1 Tuban.
Hasil analisis data deskriptif presentase media pembelajaran berupa pengembangan UKBM menunjukkan angka 89%. Artinya Pengembangan UKBM tersebut menempati predikat sangat baik. Menempati predikat sangat baik artinya hasil pengembangan UKBM layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil pengembangan UKBM bisa diterapkan pada mata pelajaran PJOK jenjang SMA yang mengimplementasikan SKS.
ABTRACT
Primajaya, Vicky Adi. 2019. Development of UKBM Based on KD Identification and Semester Taking in High School Level PJOK Subjects Implementing the Semester Credit System. Thesis. Department of Physical Education, Postgraduate Program, Universitas Negeri Surabaya. Supervisor: (I) Dr.Nanik Indahwati, M.Or. (II) Dr. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.
Keywords: UKBM, PJOK, Semester Credit System
This research is motivated by the implementation of SKS in schools. Schools that implement SKS are obliged to make UKBM. UKBM is an Independent Learning Activity Unit. In the form of learning media for companion students to understand a material. The researcher developed UKBM in PJOK subjects based on KD identification and semester taking. In the high school level PJOK subjects there are KD interrelated. Starting from KD in class X to KD in class XII. Researcher identified KD from the three grade levels. Next, the researcher made a draft of the KD identification model for the UKBM that was developed complete with the KD information originating and which semester should be taken. This will greatly support teaching and learning activities. In addition, the main purpose of SKS is that students can more freely determine their own learning speed by looking at the design of the model.
UKBM Development Research Based on KD Identification and Semester Taking in High School Level PJOK Subjects that Implement Semester Credit System is conducted at SMAN 1 Tuban class X IPA 5, X IPA 7 and X IPS 1. Using Borg & Gall development research model. However, researcher only use 7 steps, given the needs in this study have been fulfilled. Data obtained from the learning media questionnaire sheet in the form of quantitative data was used to analyze the advisability of developing the UKBM. The UKBM that was developed has received validation from three validators with three different backgrounds. One validator came from the Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia SKS development team, one validator from the UNESA FIO lecturer and one validator from the Responsible person SKS of SMAN 1 Tuban.
The results descriptive data analysis the percentage of learning media in the form of UKBM development showed a figure of 89%. This means that the UKBM Development occupies a very good predicate. Occupying a very good predicate means that the results of the development of UKBM are appropriate for use in learning. The results of the development of UKBM can be applied to high school level of PJOK subjects which implementing SKS.