ABSTRAK
Masfufah, Siti. 2023. Pengembangan Model Pelatihan Collaborative Training
Dengan Pendekatan LCTL Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Peserta Didik
dan Keterampilan Menyusun Perangkat Pembelajaran Bagi Guru PAUD di Korwil Candi
Sidoarjo. Disertasi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing 1. Prof. Dr. Rusijono,
M.Pd. dan II. Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd
Kata kunci: Model Collaborative Training,
Karakteristik Peserta Didik, Perangkat Pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan
untuk: (1) Menguji kelayakan model pelatihan CT melalui pendekatan LCTL (2)
Menganalisis keefektifan model CT untuk meningkatkan kompetensi pedagogik
pemahaman karakteristik belajar Anak Usia Dini (3) Menganalisis keefektifan model CT untuk meningkatkan keterampilan
menyusun perangkat pembelajaran bagi guru PAUD.
Model penelitian ini
adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model ADDIE Branch
(2009), yang terdiri dengan lima tahapan (Analisis, Design, Development,
Implement, Evaluate). subjek uji coba pada penelitian pengembangan untuk
mengetahui kelayakan model dan terdiri dari ahli model dan ahli materi, dan
untuk uji keefektifan mengetahui pemahaman karakteristik peserta didik dan
keterampilan menyusun perangkat pembelajaran subjek uji coba terdiri dari guru
dan juga sebagai peserta pelatihan dengan jumlah 60 peserta. teknis analisis
data dilakukan dengan teknik uji beda (t-tes independent samples) baik untuk
pretes maupun postes untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil Penelitian
menunjukkan: (1) Model pelatihan CT dengan pendekatan LCTL layak dan teruji
dapat meningkatkan pemahaman karakteristik peserta didik dan menyusun perangkat
pembelajaran. (2) Model CT terbukti efektif diimplementasikan untuk
meningkatkan pemahaman karakteristik peserta didik dan (3) Model CT efektif
untuk diimplementasikan dalam meningkatkan keterampilan menyusun perangkat
pembelajaran di Korwil Candi Sidoarjo, pada skor diperoleh nilai hasil analisis
uji t Posttest diketahui skor rata- rata
(mean) untuk posttest kelas eksperimen adalah 79,00 dan skor rata- rata untuk
posttest kelas kontrol adalah 67,33 yang artinya kelas kontrol dan kelas
eksperimen terjadi peningkatan 11,67%
dan ada perbedaan yang signifikan, dengan demikian bahwa model CT dengan
pendekatan LCTL layak digunakan dan dapat meningkatkan pemahaman karakteristik
anak usia dini serta keterampilan menyusun perangkat pembelajaran.