PT Pos Indonesia (Persero) merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos yang didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan melalui kompetensi pada karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Surabaya Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah 40 responden pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Surabaya Selatan. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software smartPLS 3.0.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pelatihan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi, kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan pelatihan berpengaruh positif dan signifkan terhadap kinerja karyawan melalui kompetensi.
Implikasi penelitian yang bisa diterapkan pada perusahaan yaitu perusahaan perlu untuk lebih memperhatikan kinerja karyawan dengan meningkatkan pelaksanaan pelatihan dan memperbaiki kompetensi karyawan seperti dengan meningkatkan profesionalitas karyawan dalam bekerja.
Kata kunci: Pelatihan, Kompetensi, Kinerja karyawan
PT Pos Indonesia (Persero) is an Indonesian State-Owned Enterprise (BUMN) engaged in postal services which was established on August 26, 1746 with the aim of further guaranteeing the security of residents' letters.
The purpose of this research is to test and analyze the effect of training on employee performance through competency of PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Surabaya Selatan. This research is a causality research with a quantitative approach. The sampling technique using samples saturated by the number of 40 respondents at PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Surabaya Selatan. The statistical analysis used in this study is Partial Least Square (PLS) with the help of smartPLS 3.0 software.
The results of this study explain that training does not effect employee performance, training has a positive and significant effect on competence, competence has a positive and significant effect on employee performance and training has a positive and significant effect on employee performance through competence.
The research implications that can be applied to companies are companies need to pay more attention to employee performance by improving the implementation of training and improving employee competencies such as by increasing employee professionalism at work.
Keywords : Training, competency, employee performance