ABSTRAK
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JOMBANG PADA MATA
PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL
Nama : Fitria Devi Faradina
NIM : 14010024065
Program Studi : S-1 Teknologi Pendidikan
Jurusan : Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Fajar Arianto, M.Pd.
Model
pembelajaran kooperatif tipe Make a Match merupakan salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah kurangnya keaktifan siswa dalam kelas. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe Make a Match serta untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap keaktifan siswa
pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X di SMK Negeri 1 Jombang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian Quasi Experiment . Metode pengumpulan
data menggunakan wawancara untuk memperoleh data awal penelitian, observasi
proses pembelajaran untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, dan observasi
keaktifan siswa untuk mengamati aktivitas siswa proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan,
untuk menguji hipotesis digunakan Uji Paired
t-test , dengan prasyarat sebelum melakukan perhitungan data harus
dipastikan telah valid, reliabel, homogen, serta berdistribusi normal.
Berdasarkan
hasil analisis data observasi proses pembelajaran dapat disimpulkan bahwa
keterlaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil
analisis data dari observasi keaktifan siswa menunjukkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berpengaruh dalam meningkatkan keaktifan
siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil Uji Paired t-test yang menunjukkan thitung lebih besar dari
ttabel . Kelas eksperimen 1 memperoleh hasil thitung 37,701
> ttabel 2,042, sedangkan untuk kelas eksperimen 2 memperoleh
hasil thitung 36,080 > ttabel 2,042. Sehingga, dapat
dikatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap keaktifan siswa.
Kata kunci: Model
Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Simulasi dan Komunikasi Digital,
Keaktifan Siswa.