Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Boedjangan di Surabaya
Bakso Boedjangan adalah kuliner bakso modern yang menyadari akan pentingnya teknologi dalam promosi penjualannya. Di mana komentar atau ulasan konsumen di dunia maya sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dan membuat persaingan bisnis kuliner semakin ketat. Strategi word of mouth mungkin menjadi strategi paling berpengaruh untuk melakukan promosi penjualan. Tujuan adanya analisis ialah untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian bakso Boedjangan Surabaya. Jenis penelitian yakni kuantitatif dengan sampel sebanyak 210 responden, dengan karakteristik utama yakni konsumen yang melakukan transaksi pembelian di Bakso Boedjangan atas dasar rekomendasi orang lain. Teknik yang diggunakan dalam Penelitian yakni analisis regresi linier berganda. Diketahui hasil penelitian adalah word of mouth (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Bakso Boedjangan di Surabaya.
Boedjangan meatballs are modern meatballs that will attract technology attention in sales promotion. Where consumer comments or reviews in cyberspace strongly oppose consumer purchases and make the culinary business competition even tougher. Word of mouth strategy is perhaps the most important strategy for sales promotion. The purpose of the analysis is to determine the effect of word of mouth and quality on the purchasing decision of Boedjangan meatballs in Surabaya. This type of quantitative research with a sample of 210 respondents, with the main characteristics of consumers who make purchases in Bakso Boedjangan on the basis of other people's assessment. The technique used in this research is multiple linear regression analysis. It is known that the results of this study by word of mouth (X1) and product quality (X2) have a positive and significant effect on the purchase decision of Boedjangan Meatballs in Surabaya.