Pemerolehan Kalimat Bahasa Indonesia Anak Usia 7 Tahun (Studi Kasus pada X): Kajian Linguistik Fungsional
Abstrak
Pemerolehan kalimat bahasa Indonesia pada anak memiliki pola kalimat tersendiri dalam masa belajarnya. Anak memiliki perbendaharaan kata yang masih bertambah sejalan dengan bertumbuhnya usia anak dan seiring adanya interaksi anak dengan lingkungan sekitarnya, baik dari lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemerolehan kalimat bahasa Indonesia anak usia 7 tahun (studi kasus pada X) berdasarkan isi atau amanat dan berdasarkan fungsi sintaksis. Metode yang digunakan adalah jenis deskriptif kualitatif dengan kajian linguistik fungsional. Pengumpulan data melalui metode simak, cakap dan catat berdasarkan tuturan anak usia 7 tahun sebagai sumber datanya yang dilakukan dengan menyimak dan mengamati hingga menganalisis. Analisis data yang dilakukan meliputi klasifikasi data, reduksi data, penyajian data dalam bentuk analisis hingga penegasan kesimpulan dari hasil penelitian. Hasilnya ditemukan 41 ujaran yang menunjukkan bahwa kalimat interogatif dan pola kalimat subjek-predikat (S-P) cenderung digunakan oleh anak dalam berkomunikasi. Temuan ini bisa dimanfaatkan untuk penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan pemerolehan bahasa anak.
Kata Kunci: pemerolehan kalimat, bahasa Indonesia, anak.
Abstract
The acquisition of Indonesian sentences in children has its own sentence patterns in their learning period. Children have a vocabulary that is still growing in line with the growth of the child’s age and along with the interaction of the child with the surrounding environment, both from the home environment and the school environment. The purpose of this study was to describe the acquisition of Indonesian sentences for children aged 7 years (case study on X) based on the content or mandate and syntactic function. The method used is a qualitative descriptive type with functional linguistic studies. Collecting data through listening, speaking and note-taking methods based on the speech of children aged 7 years as the data source which is done by listening and observing to analyzing. The data analysis carried out includes data classification, data reduction, data presentation in the form of analysis to confirming the conclusions from the research results. The results found 41 utterances which showed that interrogative sentences and subject-predicate sentence patterns (S-P) tended to be used by children in communicating. These findings can be used for further research related to children’s language acquisition.
Keywords: sentence acquisition, Indonesian, children.