Pemanfaatan Media Uno Stacko Modifikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Bakti Asih Surabaya
UTILIZATION OF MODIFIED UNO STACKO TO IMPROVE
NUMBER RECOGNITION SKILLS IN CHILDREN WITH
MENTAL DISABILITIES AT SLB BAKTI ASIH SURABAYA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan
mengenai permasalahan siswa tunagrahita ringan kelas 4-5 SD
yang masih belum mampu mengenali dan menghafal lambang
serta melabel bilangan. Pada penelitian ini kemampuan
mengenal lambang bilangan ditingkatkan dengan memanfaatkan
media belajar yakni Uno Stacko Modifikasi. Tujua penelitian ini
untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh uno stacko
modifikasi pada kemampuan mengenal bilanga siswa
tunagrahita ringan. Subjek penelitian ini berjumlah 6 siswa
tunagrahita ringan di SLB Bakti Asih Surabaya. Pendekatan
penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain preexperimental
tipe desain one group pre-test post-test. Analisis data
menggunakan Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai
rata-rata sebelum perlakuan sebesar 37,5 dan setelah diberikan
perlakuan nilai rata-rata menjadi 70,8. Dari pengujian statistic
Wilcoxon dengan manual diperoleh < atau 1,96<2,2 dan pada
uji Wilcoxon menggunakan SPSS yaitu Asymp. Sig. (2-tailed
% atau 0,27 < 0,05. Sehingga diperoleh hasil yang sama yakni
ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan
media uno stacko modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan
mengenal bilangan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Bakti
Asih Surabaya.
Kata Kunci : Uno Stacko Modifikasi, Bilangan, Tunagrahita Ringan
This research is motivated by the results of observations
regarding the problems of mental disabilities students in grades 4-5
elementary school who are still unable to recognize and memorize
symbols and label numbers. In this study, the ability to recognize
number symbols was improved by utilizing learning media, namely the
Uno Stacko Modification. The purpose of this study was to analyze
whether there was an effect of the uno stacko modification on the ability
to recognize numbers of mental disabilities students. The subjects of this
study were 6 students with mental disabilities at SLB Bakti Asih
Surabaya. The research approach uses quantitative with a preexperimental
design type of design one group pre-test post-test. Data
analysis using Wilcoxon. The results of this study showed that the
average value before treatment was 37.5 and after being given treatment
the average value was 70.8. From the manual Wilcoxon statistical test,
< or 1.96<2.2 was obtained and the Wilcoxon test used SPSS,
namely Asymp. Sig. (2-tailed) 5% or 0.27 < 0.05. So that the same
results are obtained, namely is rejected and is accepted. It can be
concluded that the use of modified Uno Stacko media has an effect on the
ability to recognize numbers in students mental disabilities at SLB Bakti
Key Words : Modified Uno Stacko, Number, Mental Disabilities