Setiap individu menuntut dirinya berkembang dan berusaha mencari solusi dalam memenuhi kebutuhannya dan selain itu dirinya juga sangat dianjurkan dalam menyesuaikan diri dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). sehingga dari sini individu (Mahasiswa) atau masyarakat memerlukan financial literacy agar lebih melek keuangan dalam memilih produk keuangan yang beredar di kehidupan sehari-hari. Faktor-faktor yang mempengaruhi financial literacy sangat bermacam-macam dan beraneka ragam, tetapi peneliti memilih faktor demografi dan pembelajaran di perguruan tinggi yang dikarenakan faktor tersebut sangat mendekati karakteristik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Progam studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 dan 2016. Tujuan penelitian ini diantaranya : (1) Untuk mengetahui pengaruh apakah faktor demografi dan pembelajaran di perguruan tinggi terhadap financial literacy mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA, (2) Untuk mengetahui pengaruh apakah faktor demografi terhadap financial literacy mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA, (3) Untuk mengetahui pengaruh apakah pembelajaran di perguruan tinggi terhadap financial literacy mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNESA.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2015 dan 2016 di Universitas Negeri Surabaya sebanyak 169 orang dan sampel sebanyak 119. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket online. Teknik analisi data menggunakan uji regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 22 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa : (1) Faktor demografi dan pembelajaran perguruan tinggi secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap financial literacy mahasiswa prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi UNESA, (2) Faktor demografi berpengaruh signifikan terhadap financial literacy mahasiswa prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi UNESA, (3) Pembelajaran di perguruan tinggi tidak berpengaruh signifikan terhadap financial literacy mahasiswa prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi UNESA.Kata kunci : Literasi Keuangan, faktor demografi, pembelajaran di perguruan tinggi..
Every individual requires himself to develop and try to find solution in fulfilling his needs, and he is also strongly suggested to adapt in facing the competition of Asean Economic Community (MEA). Therefore, from here, the individu (university students) or the society need financial literacy in order to be more aware of finance to choose financial products in daily life. The factors that influence financial literacy are various, but in this research the researcher chooses demographic factor and study at university as the factors because those are closed to the student characteristics of Economic Education of Accounting Education department, batch 2015 and 2016. This research aims : (1) to know the influence of demographic factor and study at university towards financial literacy of Accounting Education students in Faculty of Economics in Unesa, (2) to know the influence of demographic factor towards financial literacy of Accounting Education students in Faculty of Economics in Unesa, (3) to know the influence of study at university towards financial literacy of Accounting Education students in Faculty of Economics in Unesa.This is a qualitative research. The population of this research is Bachelor Degree students in Faculty of Economics batch 2015 and 2016 in State University of Surabaya. There are 169 persons as the population and 119 persons as the sample. The data collection uses test and online questionnaires. The data analytic technique uses multiple linear regression by using SPSS version 22 for windows.Based on the research results conducted, they showed that : (1) demographic factor and study at university simultaneously did not have significant influence towards financial literacy of Accounting Education students in Faculty of Economics in Unesa, (2) demographic factor had significant influence towards financial literacy of Accounting Education students in Faculty of Economics in Unesa, (3) study at university did not have significant influence towards financial literacy of Accounting Education students in Faculty of Economics in Unesa.
Keywords : financial literacy, demographic factors, learning in college.