E-BOOK PANDUAN DESAIN KARAKTER KARTUN UNTUK SISWA EKSTRAKULIKULER SENI LUKIS DI SMP NEGERI 1 WARU SIDOARJO
CARTOON CHARACTER DESIGN GUIDE E-BOOK FOR PAINTING ART EXTRACULICULAR STUDENTS AT WARU SIDOARJO STATE 1 JUNIOR HIGH SCHOOL
SMP Negeri 1 Waru merupakan sekolah yang terletak di Kabupaten Sidoarjo, tepatnya di desa Kepuh Kiriman, Kecamatan Waru yang berdiri sejak tahun 1980. SMP Negeri 1 Waru memiliki berbagai macam ekstrakulikuler yang dapat diikuti setiap siswa. Jumlah ekstrakulikuler yang ada di SMP Negeri 1 Waru ada 15 kategori, salah satunya yaitu seni lukis. Dalam pembelajaran ekstrakulikuler seni lukis di SMP Negeri 1 Waru belum memiliki pembelajaran yang menggunakan media digital. Hanya fokus pada materi menggambar secara manual. Sehingga perlu adanya perancangan media belajar baru dalam bentuk digital. Dengan materi panduan membuat desain karakter kartun.
Tujuan perancangan ini yaitu merancang sebuah buku digital untuk memberikan edukasi mengenai bagaimana cara membuat desain karakter kartun yang baik.
Metode perancangan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Tahapan perancangan melibatkan perancangan desain, validasi materi dan media, serta uji coba untuk mengetahui respon peserta didik.
Hasil dari perancangan e-book ini diberikan kepada peserta didik ekstrakulikuler seni lukis SMP Negeri 1 Waru melalui link, barcode maupun pdf.
Kata Kunci : E-Book Panduan, Desain Karakter Kartun, Ekstrakulikuler Seni Lukis, SMP Negeri 1 Waru
Waru 1 Public Middle School is a school located in Sidoarjo Regency, to be precise in Kepuh Kiriman Village, Waru District which was established in 1980. Waru 1 Public Middle School has various kinds of extracurriculars that every student can take part in. There are 15 categories of extracurriculars at Waru 1 Public Middle School, one of which is painting. In the extracurricular learning of painting at Waru 1 Public Middle School, they do not yet have learning that uses digital media. Only focus on drawing materials manually. So it is necessary to design new learning media in digital form. With guide material for making cartoon character designs.
The purpose of this design is to design a digital book to provide education on how to make good cartoon character designs.
The design method uses descriptive qualitative research. The design stages involve designing designs, validating materials and media, as well as trials to find out student responses..
The results of this e-book design are given to extracurricular students in the art of painting at Waru State 1 Junior High School via links, barcodes and pdfs.
Keywords: Guide E-Book, Cartoon Character Design, Painting Extracurricular, Waru 1 Public Middle School