Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Nasional Secara Visual Beserta Rencana Perbaikan dan Anggaran Biaya
Evaluation of National Road Pavement Condition Visually with the Improvement Plan and Budget Estimates
Jalan Raya Surabaya-Malang merupakan jalan arteri nasional yang terletak di Kabupaten Sidoarjo. Beban lalu lintas yang tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pada permukaan perkerasan jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kondisi perkerasan jalan melalui metode Pavement Condition Index (PCI) dan Surface Distress Index (SDI), yang nantinya akan digunakan untuk menentukan jenis pemeliharaan yang diperlukan serta perhitungan anggaran biaya penanganannya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, ditemukan berbagai jenis kerusakan di Jalan Raya Surabaya-Malang STA 25+600 – 28+800, seperti retak kulit buaya, retak blok, permukaan bergelombang, retak pinggir, retak memanjang, retak melintang, tambalan, lubang, alur, sungkur, retak selip, serta pelapukan dan butiran yang lepas. Nilai PCI menunjukkan bahwa kondisi ruas Jalan Raya Surabaya-Malang STA 25+600 – 28+800 berada dalam kondisi sangat baik (very good), yaitu dengan rata-rata nilai PCI untuk arah Surabaya-Malang sebesar 78 dan arah Malang-Surabaya sebesar 72. Nilai SDI menunjukkan bahwa kondisi ruas Jalan Raya Surabaya - Malang STA 25+600 – 28+800 berada dalam kondisi baik (rentang nilai SDI < 50), yaitu dengan rata-rata nilai SDI untuk arah Surabaya-Malang sebesar 13,4 dan arah Malang-Surabaya sebesar 22,2. Perbedaan kondisi jalan berdasarkan metode PCI dan SDI disebabkan karena pada perhitungan metode PCI parameter penilaian yang digunakan lebih banyak, yakni terdapat 19 jenis kerusakan yang dapat dianalisa. Sedangkan pada metode SDI, hanya mempertimbangkan tiga jenis kerusakan jalan, yaitu retakan, lubang, dan jejak roda kendaraan (alur). Oleh karena itu, metode PCI dianggap lebih unggul dibandingkan dengan metode SDI. Jenis pemeliharaan yang diperoleh berdasarkan analisa PCI dan SDI adalah pemeliharaan rutin dan berkala dengan metode perbaikan P2 (Pengaspalan), P4 (Pengisian retak), P5 (Penambalan lubang), dan P6 (Perataan). Berdasarkan perhitungan, perbaikan kerusakan di Jalan Raya Surabaya-Malang STA 25+600 – 28+800 memerlukan biaya sebesar Rp. 829.901.687,38.
The Surabaya-Malang Highway is a national arterial road located in Sidoarjo Regency. High traffic loads can lead to damage on the road surface. This research aims to evaluate the pavement condition using the Pavement Condition Index (PCI) and Surface Distress Index (SDI) methods. The results which will later be used to determine the type of maintenance needed as well as to calculate the budget required for its implementation. The results of research and data analysis indicated that the types of damage observed on the Surabaya-Malang Highway STA 25+600 - 28+800 include alligator cracking, block cracking, rutting, edge cracking, longitudinal cracking, transverse cracking, patches, utility cuts, potholes, depressions, slippage cracking, as well as weathering and raveling. The PCI value indicates that the Surabaya - Malang Highway STA 25+600 - 28+800 is in very good condition, with an average PCI score of 78 for the Surabaya-Malang direction and 72 for the Malang-Surabaya direction. The SDI value shows that the condition of the Surabaya - Malang Highway STA 25+600 - 28+800 is in good condition (SDI value range <50), with the average SDI value for the Surabaya-Malang direction of 13.4 and the Malang-Surabaya direction of 22.2. The difference in road condition based on the PCI and SDI methods is due to the fact that the PCI method uses more evaluation parameters, analyzing 19 types of damage. Meanwhile, the SDI method only considers 3 types of road damage: cracking, potholes, and rutting. Therefore, the PCI method is considered superior to the SDI method. The type of maintenance obtained based on PCI and SDI analysis is routine and periodic maintenance with repair methods P2 (Asphalting), P4 (Crack filling), P5 (Hole Patching), and P6 (Leveling). The calculated cost estimate for repairing the damage on the Surabaya-Malang Highway STA 25 + 600 - 28 + 800 amounts to Rp. 829.901.687,38.