Pengembangan Perangkat Bimbingan Klasikal Bidang Belajar Kelas VIII Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Nama : Ayu Bertiana Hemas Pratama
NIM : 15010014053
Program Studi : S-1 Bimbingan dan Konseling
Jurusan : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dewan Pembimbing : Dr. Budi Purwoko, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat bimbingan klasikal bidang belajar yang memenuhi kriteria akseptabilitas dan dapat digunakan sebagai buku panduan dalam memberikan layanan bimbbingan klasikal bidang belajar kelas VIII oleh guru bimbingan dan konseling. Pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan pada penyebaran angket kebutuhan peserta didik kelas VIII serta wawancara kepada guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuanitatif dan kualitatif. Hasil validasi dan uji ahli di dapatkan data kuantitatif akseptabilitas produk oleh ahli materi, ahli media serta calon pengguna (Guru Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 34 Surabaya) hasil uji tersebut ialah penilaian dari ahli materi yaitu 0,58, penilaian dari ahli media yaitu 0,81 ,serta penilaian dari calon pengguna yaitu 0,81. Rata – rata dari penilaian tersebut adalah 0,73. Maka dapat disimpulkan bahwa produk
tersebut sangat baik dan tidak perlu direvisi. Sehingga Perangkat Bimbingan Klasikal Bidang Belajar untuk Kelas VIII SMPN 34 Surabaya Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) telah memenuhi kriteria akseptabilitas produk yang mencakuo aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan
Kata kunci : pengembangan, HOTS, bidang belajar
Name : Ayu Bertiana Hemas Pratama
Registration Number : 15010014053
Study Program : S-1 Guidance And Counseling
Department : Guidance and Counseling
Faculty : Education Science
Institution : State University Of Surabaya
Advidor : Dr. Budi Purwoko, M.Pd.
The study aims to develop a study field classical guidance tool that meets acceptability criteria and able to be used as a guidebook providing classical guidance services for 8th grade done by guidance and counseling teachers. The development that is carried out is based on distribution of questionnaires of students need as well as interview that are applied by guidance and couunseling teachers. The study uses the Borg and Gall development model.
The data analysis technique are quantitative and qualitative. The results of validation and test by the experts obtain the data of quantitative acceptability product by material experts, media experts and prospective usesrs (Guidance and Counseling teachers of 34 Surabaya Junior High School), the test results are assesment from material experts 0,58, assesment from media experts 0,81, and the rating of potential users is 0,81. The average rating is 0,73. In conclusion, the product is well implemented and no need to revise. So that the Classical Guidance Tool of Study Field for 8th grade of 34 Junior High School with HOTS (Higher Order Thinking Skills) has fullfilled the product acceptibility criteria that covers the aspects of the use, eligibility, accuracy, and appropriateness.
Keywords : development, HOTS, field of learning