Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya media yang digunakan dalam pembelajaran aspek bahasa di TK Dharma Wanita Persatuan I Mulung Driyorejo, Gresik. Guru di sekolah ini menggunakan media belajar yang dibuat sendiri di samping buku ajar yaitu buku Lancar Berbahasa. Sebagai alternatif media pembelajaran, penulis merancang buku Pop-up Pengenalan Kata untuk Siswa TK B.
Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep perancangan media Buku Pop-up Pengenalan Kata, mendeskripsikan langkah-langkah dalam merancang Buku Pop-up Pengenalan Kata, dan mewujudkan Buku Pop-up Pengenalan Kata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif menurut Sugiyono karena peneliti bertujuan mendapatkan data deskriptif. Setelah melakukan penelitian, selanjutnya peneliti menggunakan metode perancangan untuk mewujudkan Buku Pop-up Pengenalan Kata.
Langkah penelitian meliputi analisis kebutuhan siswa, analisis existing dan 5W+1H, mendesain konsep, merancang, dan mewujudkan buku pop-up. Buku Pop-up Pengenalan Kata mendapatkan skor rata-rata 92% pada validasi dari segi media dan isi materi pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa Buku Pop-up Pengenalan Kata dapat memenuhi kebutuhan belajar membaca dalam aspek berbahasa di TK Dharma Wanita Persatuan I.
Kata kunci : Media, Buku Pop-up, Kanak-kanak
The background of this research is the lack of media used in learning languages and reading in Dharma Wanita Persatuan I Kindergarten in Mulung, Driyorejo, Gresik. The teachers used media made by paper besides the main book Lancar Berbahasa. Hence, the researcher designing a alternative learning media to help the students so that they can easily understand while reading words.
Keywords : Media, Pop-up Book, Kindergarten