ABSTRAK
IMPLEMENTASI
PROGRAM FAMILY CURRICULUM DALAM
MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA ISLAM TERPADU AT TAQWA SURABAYA
Nama : Istiqomah Nur Azizah
NIM 17040254007
Program Studi : S1 PPKn
Jurusan : PMP-KN
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas
Negeri Surabaya
Pembimbing : Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.
Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui implementasi program Family Curriculum dalam membentuk karakter tanggung jawab pada
peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At Taqwa Surabaya.
Fokus dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pada kebiasaan yang diajarkan di
sekolah apakah juga diterapkan di rumah atau belum hingga membentuk karakter
tanggung jawab. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
kesesuaian implementasi program dari David C. Korten. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Informan
penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kabid Kurikulum dan Sapras, Wakil
Kabid Kesiswaan dan Humas, perwakilan wali kelas dan wali murid. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur,
observasi partisipan, dan dokumentasi. Data wawancara dianalisis menggunakan
cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa implementasi program Family
Curriculum dalam membentuk karakter tanggung jawab pada peserta didik di Sekolah
Menengah Pertama Islam Terpadu At Taqwa Surabaya telah berhasil membentuk
karakter tanggung jawab pada peserta didik terbukti dari kebiasaan yang
diajarkan di sekolah sudah diterapkan di rumah dengan baik yaitu sholat wajib 5
waktu dan ibadah sunnah lainnya melalui alarm sholat, pencapaian target
kegiatan melalui buku penghubung (sebelum pandemi), pengkondisian belajar
melalui home visit, dan memiliki
kepercayaan diri dalam berkomunikasi saat mempresentasikan proposal hidup
melalui student show.
Kata Kunci: implementasi,
program Family Curriculum , karakter,
tanggung jawab