HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK, PENGALAMAN MENGAJAR, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN MAGETAN
ABSTRAK
Hubungan Supervisi Akademik, Pengalaman Mengajar, dan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Magetan
Nama : Sri Mulyanti
NIM : 23010845025
Prodi : S2 Manajemen Pendidikan
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Nunuk Hariyati, M.Pd., Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara supervisi akademik, pengalaman mengajar, kompetensi profesional terhadap kinerja guru. Metode Penelitian ini termasuk dalam penelitian non eksperimen atau penelitian ex-post facto dengan pendekatan penelitian kuantitatif, sementara itu jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. populasi penelitian pada 1001 guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Teknik Sampling yang digunakan ini menggunakan metode Cluster Random Sampling. Populasi dari Cluster merupakan sub populasi dari tolal populasi sehingga menjadi 399 responden. alat pengumpul data (instrument) yang digunakan adalah non tes, yaitu berupa angket dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari nilai signifikansi punya hubungan supervisi akademik terhadap kinerja guru, dan untuk korelasi antara pengalaman mengajar dengan kinerja guru menunjukkan ada hubungan berdasarkan dengan nilai signifikan, sedangan untuk kompetensi profesional berdasarkan nilai signifikansi ada hubungan, sehingga
iii
kesimpulan bisa di jelaskan dari hasil peneltian rata – rata dari variabel tersebut ada hubungan dengan kinerja guru.
Kata Kunci : supervisi akademik, pengalaman mengajar, kompetensi profesional, kinerja guru
ABSTRACT
The Relationship Between Academic Supervision, Teaching Experience, Professional Competence on Teacher Performance in State Junior High School in Magetan Regency
Name : Sri Mulyanti
Student ID No. : 23010845025
Study Program : Master Program of Educational Management
Faculty : Faculty of Education Science
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Dr. Nunuk Hariyati, M.Pd., Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si.
In this study aims to determine the relationship between academic supervision, teaching experience, professional competence on teacher performance. This research method is included in non-experimental research or ex-post facto research with a quantitative research approach, while the type of research used is correlational research. research population in 1001 teachers in State Junior High School. Sampling technique used is using Cluster Random Sampling method. The population of the Cluster is a sub-population of the total population so that it becomes 399 respondents. the data collection tool (instrument) used is non-test, namely in the form of questionnaires and questionnaires. The results of experiment show that judging from the significance value, there is a relationship between academic supervision and teacher performance, and for the correlation between teaching experience and teacher performance, there is a relationship based on significant values, while for professional competence based on significance values there is a relationship, so that the conclusion can be explained from the average research results of these variables there is a relationship with teacher performance.
v
Keywords : academic supervision, teaching experience, professional competence, teacher performance