ABSTRAK
PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN KALENG MACKAREL ABC
(Studi di Wilayah Kota Surabaya Timur)
Nama : Lisa Octaviyah
NIM : 14080574194
Program Studi : S1 Manajemen - Pemasaran
Jurusan : Manajemen
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Widyastuti., S.Si., M.Si
Ikan kaleng banyak dikonsumsi masyarakat, diantaranya ibu rumah tangga, mahasiswa ataupun wanita yang sedang bekerja. Hal ini karena ikan mackarel dapat dijadikan persediaan dirumah ataupun dikosan karena sifatnya yang awet sesuai dengan tanggal kadaluarsa yang terdapat pada kemasan juga menjadi andalan ketika dalam keadaan mendesak karena ikan kaleng ini cara memasaknya juga sangat praktis. Namun, kebanyakan konsumen lebih mengenal produk ikan kaleng jenis sarden dari pada ikan kaleng jenis mackarel terlebih lagi dengan adanya isu mengenai cacing yang terdapat pada ikan kaleng mackarel. Salah satu merek yang terindifikasi cacing jenis Anisakis Sp adalah merek ABC. Hal ini dapat mempengaruhi penilaian konsumen terhadap produk ikan kaleng mackarel ABC. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan membahas pengaruh brand awareness dan perceived quality terhadap keputusan pembelian ikan kaleng mackarel ABC.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode judgmental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 220 responden. Responden dalam penelitian ini adalah wanita berusia 19-45 tahun yang pernah membeli atau sudah mengkonsumsi ikan mackarel merek ABC. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan skala pengukuran menggunakan skala likert.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand awareness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian ikan kaleng ABC dan perceived quality berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian ikan kaleng ABC.
Kata Kunci: Brand Awareness, Perceived Quality, dan Keputusan Pembelian
ABSTRACT
THE EFFECT OF BRAND AWARENESS AND PERCEIVED QUALITY ON THE PURCHASE DECISION OF MACKAREL ABC FISH
(Study in the East Surabaya City Area)
Name : Lisa Octaviyah
Reg. Number : 14080574194
Study Program : S1 Management – Marketing
Major : Management
Faculty : Economy
Institute : State University of Surabaya
Adviser : Widyastuti., S.Si., M.Si
Canned fish is consumed by many people, including housewives, students or women who are working. This is because the mackerel can be stocked at home or in the open space because of its long-lasting nature in accordance with the expiration date found on the packaging, it is also a mainstay in urgent situations because canned fish is also very practical. However, most consumers are more familiar with sardine canned fish products than canned mackerel fish especially with the issue of worms found in canned mackerel fish. One of the brands identified by the Anisakis Sp worm is the ABC brand. This can affect consumers' assessment of ABC canned fish products. The purpose of this study was to analyze and discuss the effect of brand awareness and perceived quality on the decision to purchase ABC mackerel canned fish.
The sampling technique used is non probability sampling with judgmental sampling method. The sample used was 220 respondents. Respondents in this study were women aged 19-45 who had bought or had consumed ABC brand mackerel fish. The data analysis technique uses multiple linear regression with a measurement scale using a Likert scale.
The results of this study indicate that brand awareness does not significantly influence ABC purchasing decisions of canned fish and perceived quality significantly influences the decision to purchase ABC canned fish.
Keywords: Brand Awareness, Perceived Quality, and Purchasing Decision