METODE LATIHAN LAGU MEDLEY NUSANTARA PADA PADUAN SUARA GITA BAHANA JAWA TIMUR
MEDLEY NUSANTARA SONG TRAINING METHOD IN GITA BAHANA JAWA TIMUR CHOIR
Lagu Medley Nusantara merupakan salah satu lagu yang dibawakan oleh paduan suara Gita Bahana Jawa Timur (GBJT) dalam kegiatan Upacara Peringatan HUT RI ke-76 yang dilaksanakan di masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis metode latihan dan mengkaji hasil metode latihan Lagu Medley Nusantara pada paduan suara GBJT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan latihan dilaksanakan secara daring dan luring. Pelatih menerapkan metode latihan belajar jarak jauh, tutor sebaya, demonstrasi, dan latihan (drill) untuk menguasai materi. Penerapan beberapa metode latihan tersebut efektif dan efisien dalam rangka penguasaan materi Lagu Medley Nusantara. Paduan suara GBJT berhasil menguasai materi lagu dalam waktu singkat dan berhasil menyajikannya dengan baik. Chorister memperoleh pengalaman dan perkembangan aspek afektif, kognitif dan psikomotor selama menjalani proses latihan secara disiplin dan berkelanjutan.
The Medley Nusantara song is one of the songs performed by the Gita Bahana East Java (GBJT) choir in the 76th Indonesian Independence Day Commemoration Ceremony which was held during the pandemic. The purpose of this study was to analyze the training method and to examine the results of the Medley Nusantara Song rehearsal method in the GBJT choir. This study used qualitative research methods. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and documentation. Training activities are carried out online and offline. The trainer applies distance learning practice methods, peer tutoring, demonstrations, and drills to master the material. The application of some of these training methods is effective and efficient in order to master the material for the Medley Nusantara Song. The GBJT choir managed to master the song material in a short time and managed to present it well. Chorister gain experience and development of affective, cognitive and psychomotor aspects during the training process in a disciplined and sustainable manner.