WEB-BASED LEARNING FOR MILD INTELLECTUAL DISABILITY STUDENT
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis web untuk siswa tunagrahita ringan. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode studi kepustakaan. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi. Sumber data penelitian diperoleh dari data sekunder terkait penggunaan Website dan internet untuk tunagrahita dalam kaitannya dengan pembelajaran berbasis web. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah menggunakan metode analisis isi dengan melakukan pengecekan ulang pada pustaka yang dikutip.
Hasil Penelitian ini adalah tersusunnya aspek yang harus diperhatikan pada saat melakukan pembelajaran berbasis web untuk siswa tunagrahita ringan yakni dengan memperhatikan aksesibilitas website yang dapat digunakan, memperhatikan perencanaan pembelajaran yang dapat dilakukan, serta memperhatikan prinsip pembelajaran siswa tunagrahita ringan sebelum pembelajaran dilaksanakan.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Web, Siswa Tunagrahita Ringan
This research is aimed to describe web-based learning for mildly intellect disability students. This research used literature study method as research methodology. The data collection techniques used in this research were documentation method. Sources of data were obtained from secondary data related to the use of Website and internet for intellect disability students in web-based learning. The data analysis technique used was content analysis method by double checking the citation.
The results of this study showed the aspects that must be considered in web-based learning for mildly intellect disability students such as paying attention to the accessibility of the website that could be used, paying attention to the lesson plan that could be carried out, and paying attention to the learning principle for mildly intellect disability students before learning was carried out.
Keywords: Web-based Learning, Mild Intellectual disability student