UTILIZATION OF DIGITAL PLATFORMS AS A MEANS OF MARKETING FOR MSMEs
Adanya perkembangan teknologi dan informasi telah berdampak signifikan terhadap aspek-aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan platform digital sebagai sarana pemasaran UMKM yang ada di Kampung Kue. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun analisis data penelitian kualitatif ini menggunakan metode analisa data Creswell. Penelitian ini menggunakan 5 informan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemanfaatan plaform digital sebagai sarana pemasaran UMKM di Kampung Kue kurang efektif, sehingga UMKM perlu untuk tetap meningkatkan pemasarannya melalui platform digital.
Kata kunci: platform digital, sarana pemasaran, UMKM
The development of technology and information has had a significant impact on aspects of human life, one of which is in the field of marketing. This research aims to determine the extent to which digital platforms are used as a marketing tool for MSMEs in Kampung Kue. The type of research carried out by researchers is descriptive qualitative, with data collection techniques through interviews, observation and documentation. The data analysis for this qualitative research uses the Creswell data analysis method. This research used 5 informants. The research results state that the use of digital platforms as a marketing tool for MSMEs in Kampung Kue is less effective, so MSMEs need to continue to improve their marketing through digital platforms.
Keywords: digital platforms, marketing tools, MSMEs