ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI LAPISAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi pada materi lapisan bumi. Media yang dibuat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP yang layak berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang terdiri dari enam tahapan yaitu penentuan potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, telaah dan revisi, validasi, dan uji coba produk. Proses uji coba dilakukan pada 28 siswa kelas VII-D SMP Negeri 3 Sidoarjo dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kevalidan media pembelajaran video animasi yang memperoleh persentase kelayakan 100% dengan kriteria sangat layak. Kepraktisan media video animasi yang ditinjau dari respon siswa yang memperoleh nilai sebesar 88% dengan kriteria sangat baik. Keefektifan media video animasi ditinjau dari aktivitas siswa dan peningkatan hasil pemahaman konsep siswa. Aktivitas siswa memperoleh persentase 81% dengan kategori sangat baik dan peningkatan hasil pemahaman konsep siswa dengan memperoleh n-gain rata-rata sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi sebagai media pembelajaran pada materi lapisan bumi layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, Lapisan Bumi
ABSTRACK
THE DEVELOPMENT OF ANIMATION VIDEO LEARNING MEDIA EARTH’S LAYER TO IMPROVE STUDENTS’ CONCEPT UNDERSANDING OF JUNIOR HIGH SCHOOL
The purpose of this reseacrh was to develop animation video learning media earth’s layer. This media used to improve students’ concept understanding in junior high school based on the validity, the practicability, and the effevtiveness. This research used Research and Development (R&D) method which consists of six steps, the determination of potential and problem, information collection, product design, review and revison, validation, and product trial. The process of trial was conducted in 28 students of grade 7th-D of SMPN 3 Sidoarjo with a design study one group pretest-posttest design. The result of research found that animation video learning media validity got percentage of validity was 100% with criteria very feasible. Practicality of animation video learning media viewed from responses of students got a value of 88% with criteria very good. Effectiveness of animation video learning media viewed from activities of students and improving students’ concept undersanding. Activities of students got a value 81% with criteria very good and improving student’s concept undersanding with N-gain average of 0,73 in high category. It can be concluded that the animation video media as the learning media in the earth’s layer is feasible used in learning based on the validity, the practicability, and the effectiveness.
Keywords: Learning Media, Animation Video, Earth’s Layer