PROFIL MISKONSEPSI MATERI EKOLOGI MENGGUNAKAN FOUR-TIER TEST PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA
MISCONCEPTION PROFILE OF ECOLOGICAL MATERIAL USING FOUR-TIER TEST IN X-GRADE SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan profil miskonsepsi dan mengetahui faktor penyebab terjadinya miskonsepsi peserta didik pada materi ekologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan instrumen Four-Tier Test dan wawancara. Penelitian melibatkan 70 orang peserta didik kelas X IPA dari dua kelas di SMA Negeri 12 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan profil miskonsepsi peserta didik pada materi ekologi yang terdiri dari konsep komunitas, sumber energi utama yang merupakan komponen abiotik, organisme autotrof dan heterotrof, pengaruh suhu terhadap persebaran organisme, aliran energi, rantai makanan, dampak pada suatu rantai makanan, jaring-jaring makanan, senyawa kimia yang mengalami daur biogeokimia, daur nitrogen, daur karbon, daur fosfor, niche, contoh niche pada suatu ekosistem, simbiosis, interaksi antarorganisme, serta kompetisi antar organisme yang paling banyak terjadi pada tingkatan organisasi makhluk hidup dengan persentase 23,07% peserta didik memahami konsep, 15,21% peserta didik tidak memahami konsep, dan 61,72% peserta didik miskonsepsi. Faktor penyebab miskonsepsi peserta didik meliputi peserta didik, buku ajar, media pembelajaran, guru, cara mengajar, dan konteks.
The purpose of the study was describing the misconception profile and know the factors that cause students’ misconceptions about ecology. This research was descriptive quantitative research that used Four-Tier Test and interview instruments. The research involved 70 students in grade X of two classes in SMAN 12 Surabaya. The results showed that profile of students misconception on ecology was the community, the main energy source which is the abiotic component, autotroph, and heterotroph organism, the effect of temperature on the distribution of organism, energy flow, food chain, the impact on a food chain, food webs, the chemical compounds that undergo biogeochemical cycles, nitrogen cycle, carbon cycle, phosphorus cycle, niche, the example of a niche in an ecosystem, symbiosis, interaction between organism, and the most inter-organism competition occurs at the organizational level of living things by 23,07% students who had understood the concepts of ecology, 15,21% students who didn’t understand the concept, and 61,72% students who have a misconception. The factors that caused students’ misconceptions include the students, textbooks, learning media, teacher, learning method, and daily context.