PENERAPAN METODE SIX SIGMA UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS KERAMIK LANTAI
APPLICATION OF SIX SIGMA METHOD FOR QUALITY CONTROL OF FLOOR CERAMIC
Abstrak
Perusahaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam memberikan kepuasan produk pada konsumen, baik berupa barang ataupun jasa. Perusahaan akan terus berupaya dalam menjaga nilai kualitas produk yang dihasilkan dan meningkatkan produktivitasnya agar kepuasan pelanggan tetap terjaga dan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Perusahaan seringkali masih mendapati banyak defect yang terjadi, walaupun perusahaan telah melakukan usaha dalam meminimumkan jumlah defectnya. Tujuan penelitian adalah mengetahui permasalahan yang paling dominan pada mutu keramik, mengetahui pemecahan masalah yang sesuai untuk menanggulangi permasalahan yang ada dan mengetahui hasil produksi keramik setelah langkah perbaikan dengan metode six sigma. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode six sigma dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: 1) Define, 2) Measure, 3) Analyze, 4) Improve dan Control. Data penelitian diperoleh dari beberapa sumber jurnal yang memiliki tujuan dan pembahasan yang hampir sama. Data yang diambil adalah data hasil defect selama 6 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 jenis defect yang terjadi pada produksi keramik data pertama, yaitu gupil, bodi cacat, glaze detrification dan retak glaze, sedangkan data kedua terdapat 5 jenis defect, yaitu bodi kasar, bertepatan, bercak, tergores dan warna menyimpang. Data pertama jenis defect yang paling dominan adalah gupil, sedangkan data kedua yaitu bodi kasar. Solusi yang dapat diaplikasikan dari timbulnya beberapa jenis-jenis defect pada proses produksi keramik lantai adalah memberikan beberapa saran atau usulan-usulan perbaikan seperti yang dibahas pada tahap Improve. Perhitungan data pertama dengan jenis defect gupil menghasilkan nilai DPMO sebesar 19300 dengan level sigma 3,57, sedangkan data kedua dengan jenis defect bodi kasar menghasilkan nilai DPMO sebesar 57700 dengan level sigma 3,07. Kedua data tersebut masih belum cukup mumpuni, karena masih jauh dari nilai six sigma. Masih banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas menuju sasaran utama target six sigma.
Kata Kunci: pengendalian kualitas keramik, six sigma
Abstract
Companies have a very important role in providing product satisfaction to consumers, either in the form of goods or services. The company will continue to strive to maintain the value of the quality of the products produced and increase its productivity so that customer satisfaction is maintained and can compete with other companies. Companies often still find many defects that occur, even though the company has made efforts to minimize the number of defects. The research objectives are 1) Knowing the most dominant problems in ceramic quality, 2) Knowing the appropriate problem solving to overcome existing problems and Knowing the results of ceramic production after the repair step with the six sigma method. The method used in this study is the six sigma method with the following stages: 1) Define, 2) Measure, 3) Analyze, 4) Improve and Control. The research data was obtained from several journal sources that have almost the same purpose and discussion. The data taken is the defect result data for 6 months. The results showed that there were 4 types of defects that occurred in the production of ceramics in the first data, namely chipped, defective body, glaze detrification and glaze cracks, while in the second data there were 5 types of defects, namely rough body, coincident, blotchy, scratched and distorted color. The first data type of the most dominant defect is gupil, while the second data is the rough body. The solution that can be applied from the emergence of several types of defects in the production process of floor tiles is to provide some suggestions or suggestions for improvement as discussed in the Improve stage. The first data calculation with the type of gupil defect resulted in a DPMO value of 19300 with a sigma level of 3.57, while the second data with a rough body defect type resulted in a DPMO value of 57700 with a sigma level of 3.07. The two data are still not qualified enough, because they are still far from the six sigma value. There is still much to be done to improve the quality towards the main target of the six sigma target.
Keywords: ceramic quality control, six sigma