ABSTRAK
INOVASI PROGRAM APLIKASI GO-PARKIR DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURABAYA
(Studi di Park and Ride Mayjen Sungkono Surabaya)
Nama : Himawan Tri Handoko
NIM : 15040674085
Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP.
Penggunaan teknologi pada saat ini dibutuhkan di bidang pelayanan publik. Teknologi dapat membantu mempermudah pemerintah dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakatnya. Kota Surabaya memiliki jumlah kendaraan bermotor tinggi yang menimbulkan masalah di urusan parkir. Sistem parkir di Kota Surabaya saat ini, dalam hal ini Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perhubungan Kota Surabaya meluncurkan program aplikasi Go-Parkir. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu efisiensi masyarakat dalam mencari tempat parkir untuk kendaraan mereka. Dengan adanya aplikasi ini masyarakat dapat melihat kondisi lokasi parkir dan dapat juga memesan slot untuk kendaraan mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana inovasi program aplikasi Go-Parkir saat ini dan menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan kualitasnya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori analisis PIECES yang dikemukakan oleh Wukil Ragil pada tahun 2010 yang terdiri dari 6 indikator yaitu performance (kinerja), information (informasi), economy (ekonomi), control (pengendalian), efficiency (efisiensi), dan service (pelayanan). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Wawancara dilakukan pada pihak kantor Dinas Perhubungan Kota Surabaya, petugas salah satu lokasi parkir dan masyarakat sebagai pengguna aplikasi Go-Parkir.
Hasil penelitian membuktikan bahwa Pemerintah Kota Surabaya telah berusaha sebaik mungkin dalam melayani masyarakatnya yang terbukti dengan diluncurkannya program aplikasi Go-Parkir yang membantu mengatasi masalah di sistem perparkiran Kota Surabaya. Aplikasi Go-Parkir saat ini masih tergolong baru yang memiliki kekurangan. Dengan metode PIECES didapat analisis bahwa aplikasi ini masih dapat ditingkatkan kualitas penyelenggaraannya, sehingga di masa mendatang aplikasi Go-Parkir semakin baik dan dapat digunakan secara maksimal. Berdasarkan penelitian ini, sudah terdapat saran terkait pelaksanaan program Go-Parkir untuk kedepannya, yaitu masih perlunya sosialiasi yang lebih luas kepada masyarakat agar lebih mengenal apa saja kemudahan yang didapat ketika memakai aplikasi Go-Parkir. Kemudian dari sisi aplikasi masih dapat ditingkatkan dengan menggandeng pihak yang menguasai tentang aplikasi sehingga didapat penggunaan aplikasi yang maksimal tanpa kendala.
Kata Kunci: inovasi, pelayanan, mobile service
ABSTRACT
INNOVATION APPLICATION PROGRAM GO-PARKIR AT THE TRANSPORTATION OFFICE OF THE CITY OF SURABAYA
(Study in Park and Ride Mayjen Sungkono Surabaya)
Name : Himawan Tri Handoko
Program : Public Administration
Faculty : Social Science and Law
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Eva Hany Fanida, S.AP., M.AP.
The use of technology is currently needed in the field of public services. Technology can help facilitate the government in carrying out services to its people. The city of Surabaya has a high number of motorized vehicles which cause problems in parking matters. Parking system in the city of Surabaya today. In this case the Surabaya City Government through the Department of Transportation in Surabaya launchedapplication Go-parkingprogram.This application aims to help the efficiency of the community in finding parking spaces for their vehicles. With this application the public can see the condition of the parking location and can also order a slot for their vehicle. The purpose of this study is to find out how to innovate the current Go-Parking application program and assess whether the current procedures can still be improved in quality.
The type of research used is descriptive using qualitative. The theory is used to analyze this research is analysis theory PIECES proposed by Wukil Ragil in 2010 consisting of six indicators of performance (performance), information (information), economy (economy), control (control), efficiency (efficiency), and service . The technique of collecting data through observation, interviews and documentation. Interviews were conducted at the Surabaya Transportation Department office, officers of one of the parking locations and the community as theapplication user Go-Parking.
The results of the study prove that the Surabaya City Government has tried its best in serving its people as evidenced by the launch of theapplication program Go-Parking that helped overcome problems in the Surabaya parking system.application Go-Parkingis still relatively new which has disadvantages. With themethod, the PIECES analysis shows that this application can still be improved in the quality of its implementation, so that in the future theapplication will Go-Parkingget better and be used optimally. Based on this research, there have been suggestions related to the implementation of theprogram Go-Parkingfor the future, which is still the need for more extensive socialization to the community so that they are more familiar with the convenience obtained when using theapp Go-Parking. Then from the side of the application can still be improved by cooperating with those who master the application so that the maximum application usage can be obtained without constraints.
Keywords: service, innovation, mobile service