REVERSIBILITY OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN SOLVING ALGEBRAIC PROBLEMS BASED ON COGNITIVE STYLE
Fitmawati, Entya Esa. 2020. Reversibilits Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Aljbar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd dan (II) Dr. Agung Lukito, M.S
Kata Kunci: Reversibilitas, Aljabar, Gaya Kognitif
Reversibilitas merupakan sebuah proses mental untuk membangun hubungan dua arah yang reversibel. Konsep reversibilitas merupakan aspek kunci dalam pengembangan matematika yang sering menjadi masalah bagi siswa. Salah satu masalah matematika yag berkaitan dengan reversibilitas adalah aljabar. Kemampuan reversibilitas melibatkan berbagai strategi kognitif dalam memahami konsep matematika. Pada umumnya setiap siswa memiliki kemampuan dan cara yang berbeda dalam memproses masalah-masalah yang akan mereka pecahkan. Hal ini yang dinamakan perbedaan gaya kognitif.
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendiskripsikan reversibilitas siswa yang bergaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) dalam menyelesaikan soal aljabar. Subjek penelitian ini terdiri dari dua siswa, yaitu satu siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) dan satu siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) yang dipilih berdasarkan Tes GEFT (Group Embadded Figure Test) dan Tes Kemampuan Matematika (TKM) dengan mempertimbangkan kemampuan matematika yang setara. Data penelitian diperoleh dari pemberian Tugas Reversibilitas yang bertujuan untuk mengetahui reversibilitas siswa dan wawancara berbasis tugas reversibilitas untuk menggali informasi lebih dalam mengenai reversibilitas siswa dalam menyelesaikan soal aljabar.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang bergaya kognitif field independent (FI) dalam membuat persamaan yang ekuivalent pada indikator foward negasi melakukan aktivitas memindahkan posisi suku persamaan dari sebelah kiri tanda sama dengan ke sebelah kanan tanda sama dengan pada persamaan yang diberikan dan sebaliknya. Pada indikator foward resiprositas siswa field independent (FI) melakukan aktivitas menambah, mengurangi, mengali atau membagi persamaan yang diberikan dengan bilangan yang sama pada kedua ruas persamaan. Kemudian siswa field independent (FI) dalam mengembalikan persamaan yang dibuat ke bentu persamaan awal pada indikator reverse negasi melakukan aktivitas membalik posisi bilangan atau suku persamaan dari sebelah kiri tanda sama dengan ke sebelah kanan begitu pula sebaliknya. Pada indikator reverse resiprositas siswa field independent (FI) melakukan aktivitas menambah, mengurangi, mengali atau membagi dengan bilangan yang sama. Selanjutnya siswa field dependent (FD) dalam membuat persamaan yang ekuivalen pada indikator foward negasi melakukan aktivitas memindahkan posisi suku persamaan dari sebelah kiri tanda sama dengan ke sebelah kanan tanda sama dengan pada persamaan yang diberikan dan sebaliknya. Pada indikator foward resiprositas siswa field dependent (FD) melakukan aktivitas menambah, mengurangi, mengali atau membagi persamaan yang diberikan dengan bilangan yang sama pada kedua ruas persamaan. Selain itu siswa field dependent (FD) membuat persamaan lain yang ekuivalen dengan persamaan yang diberikan dengan cara menentukan bilangan-bilangan lain pembentuk persamaan baru yang memiliki penyelesaian yang sama. Kemuadian dalam proses mengembalikan persamaan yang dibuat kembali ke bentuk persamaan awal siswa field dependent (FD) pada indikator reverse negasi melakukan aktivitas memindah posisi bilangan atau suku persamaan dari sebelah kiri tanda sama dengan ke sebelah kanan begitu pula sebaliknya. Pada indikator reverse resiprositas siswa field dependent (FD) melakukan aktivitas menambah, mengurangi, mengali atau membagi dengan bilangan yang sama.
Fitmawati, Entya Esa. 2020. Reversibility of Junior High School in Solving Algebraic Problems Based On Cognitif Style Field Independent Field Dependent. Thesis, Mathematics Education Program, Postgraduate State University of Surabaya. Advisor: (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd dan (II) Dr. Agung Lukito, M.S
Keywords: Reversibility, Algebraic, Cognitive Style
Reversibility is a mental process to construct two-way reversible correlation. The concept of reversibility is a key aspect of the development of mathematics which is often problema for student. One of mathematical problem related reversibility is algebra. The reversibility ability involves various cognitive strategies in understanding mathematical concept. In general, every student has the ability and different ways of prosessing the problem they will solve. This is namely cognitive style differences.
The aim of this qualitative research was to describe students’ reversibiliy who have cognitif style field indenpent (FI) and field dependent (FD) in algebraic problems. The research subject consisted of two subject, one field independent and one field dependent. Who were selected based on GEFT test and mathematical abilities test, taking into account equivalent mathematical abilities. The research data was obtained from giving the reversibility task which aims to determine the reversibility of students and the interview based on reversibility task to explore deeper information specifically about the reversibility.
The result of this qualitative research indicate that the students with the cognitive field independent (FI) style in making equivalent equations on the foward negation indicator carry out the activity of moving the position of the equation term from the left of th equal sign to the right of equal sign in the given equation and vice versa. In the foward reciprocity indicator the field independent (FI) student was did the activity of added, subtracted, multiply or devided was the same number on both sides of the equation. Then the field independent (FI) student in return the equations made to the initial equation on the reverse negation indicator carry oot the activity of reversed the position of the equation terms from left to the right equal sign. On the reverse reciprocity indicator, field independent (FI) student carried the activity to added, subtracted, multiply, or devided by the same number.
The field dependent (FD) students in making the equivalent equation on the foward negation indicator carry out the activity of moved the position of the equation term from the leftof the equal sign in the given equation. The field dependent (FD) student in foward reciprocity indicator carry out the activity to added, subtracted, multiplyed, or devided the given equation with the same number on both sides of the equation. In addition, field dependent (FD) student make other equations which were equivalent to the given equation by determining other number forming new equations that had the sam solution. Then in the process of returned the equation that was made back to the initial equation form the field dependent (FD) students on the reverse negation indicator carry out the activity of moved the position of the term of the equation from the left to the right equal sign. In the reverse reciprocity indicator, the field dependent (FD) students carry out activities added, subtracted, multiplyed, or devided by the same number.