Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh
model pembelajaran make a match berbantuan media video terhadap aktivitas siswa kelas
IV S ekolah
D asar
dan menganalisis pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa
kelas IV Sekolah Dasar. Pelaksanaan model
pembelajaran make
a match berbantuan media video menuntut siswa untuk aktif
dan bekerja
sama dengan kelompok untuk menemukan pasangan antara kartu soal dan jawaban.
Penelitian ini merupakan penelitan eksperimen
dengan desain pretest posttest control group design. Subjek penelitian adalah
siswa kelas IV SD Siti Aminah Surabaya. Teknik pengumpulan data melalui lembar
pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Selanjutnya
diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk perangkat
pembelajaran diuji oleh validiasi ahli. Persyaratan uji analisis data
menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis yang
digunakan adalah uji t. Uji t dilakukan dua kali, pertama, untuk mengetahui kondisi awal (pretest)
dari kelompok eksperimen dan kelompok k ontrol dan kedua untuk mengetahui kondisi setelah
diberi perlakuan (posttest ).
Hasil analisis uji t aktivitas siswa
dan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas
eksperimen sebelum diberi perlakuan menunjukkan tidak ada
perbedaan yang signifikan (nilai thitung
1,229 < ttabel 1,676 dan nilai sig. 2 tailed 0,233 > 0,05 aktivitas;
thitung -0,181 < ttabel 1,676 dan nilai sig.
2 tailed 0,857 > 0,05 tes hasil belajar ).
Sedang kan
hasil uji t setelah diberi perlakuan menunjukkan ada perbedaan yang signifikan
antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
( nilai thitung 3,689 > ttabel
1,676 dan nilai sig. 2 tailed 0,001
< 0,05 aktivitas; thitung 4,208 > ttabel 1,676 dan nilai sig.
2 tailed 0,000 < 0,05 tes hasil belajar ) . Pada penelitian ini, perlakuan merupakan
satu-satunya pembeda antara kelompok eksperimen dan kelompok k ontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media video tehadap aktivitas dan hasil
belajar siswa materi potensi sumber daya alam dan mata pencaharian
penduduk kelas 4 SD Siti Aminah Surabaya. Bagi guru yang menghadapi masalah
rendahnya aktivitas dan hasil
belajar siswa disarankan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media video